Startegi Pulang Kampung

Klik link ini : https://youtu.be/gWnSSSCFbFQ

 

Kapan Pulang Kampung Selamanya?

Terdapat 4 pilihan umur untuk pekerja migran Indonesia (PMI) dapat pulang kampung selamanya.

1.Pulang ketika usia masih dibawah 30 tahun

Bila pulang di usia yang lebih muda maka peluang-peluang karir di tanah air masih terbuka. PMI bisa mencari dan mendapatkan pekerjaan formal, bisa membuka usaha sendiri atau bekerja sama dengan orang lain untuk buka usaha. Ingin menikah? Peluang masih terbuka juga bukan. Pesan saya bila ingin bekerja di kantor ketika pulkam maka carilah pekerjaan tersebut selama kerja di luar negeri. Jangan mulai mencari-cari saat sudah di dalam negeri.

2. Pulang kampung di usia 30-40 tahun.

Di usia ini akan lebih sulit untuk melamar bekerja di kantor. Namun bukan tidak mungkin bila memiliki keahliaan yang sangat khusus dan memiliki rekam jejak (bukti prestasi). Sebuah jenis pekerjaan yang terbuka luas tanpa batasan usia dan batasan pendidikan adalah pekerjaan penjualan. PMI yang terlatih dalam menjual bisa bergabung dengan perusahaan-perusahaan yang menawarkan kerja penjualan dengan imbalan komisi. Gaji tetapnya kecil atau malah tidak ada sama sekali. Namun bila pintar jualan maka anda akan sanggup hidup hanya dengan penghasilan komisi. Ingin buka usaha? Di usia ini PMI memiliki persiapan yang lebih matang baik secara tabungan maupun ilmu asalkan selama bekerja di luar negeri belajar dan berlatih. Ingin menikah? Pintu peluang tetap terbuka namun pilihan anda sudah makin sempit.

3.Pulang kampung di usia 40-50 tahun

Usia 40-50 tahun PMI akan lebih banyak memiliki kematangan dan persiapan untuk buka usaha. Asalkan selama di luar negeri terus belajar dan berlatih dan tidak terkunci kepada “melakukan hal yang sama berulang-ulang”. Jangan sampai pengalaman kerja 20 tahun di luar negeri jadi hanya pengalaman 1 tahun yang diulang 20 kali. Ingin kerja jadi karyawan di tanah air? Ini tantangan yang sulit sekali. Perusahaan yang menawarkan kerja penjualan seperti MLM, broker asuransi, broker properti dll tetap terbuka untuk orang segala usia. Syaratnya sederhana yaitu sanggup jualan dan hidup berdasarkan komisi saja. Ingin menikah? Ini juga akan sulit, peluang mendapatkan pasangan akan makin sempit lagi.

4.Pulang kampung di usia 50-60 tahun

Di usia ini tenaga dan kesehatan sudah bukan seperti yang muda-muda lagi. Kesempatan PMI untuk mendapatkan uang di dalam negeri adalah dengan cara mendapatkan uang dari hasil investasi, buka usaha sendiri atau jadi tenaga penjual lepas. Bila pulang di usia ini maka tabungan PMI harus cukup mumpuni dan bisa tegas kepada keluarga besar, teman dan tetangga untuk tidak mau lagi jadi ATM untuk mereka. Usia 50-60 tahun adalah rentang waktu untuk pensiun bila bekerja di kantor di tanah air. Sebagian besar kantor menetapkan usia pensiun 56 tahun. Jadi pikirkan dan rencanakan pekerjaan atau usaha yang lebih “hemat tenaga” dan “hemat dana”. Ini kembali kepada perencanaan dan persiapan selama tinggal di luar negeri. Tanpa perencanaan dan persiapan maka percayalah anda akan bingung. Ingin menikah dan bertemu pasangan di usia tsb? Mungkin saja walau itu jadi makin sulit bukan.

Kesimpulannya sederhana saja. Kapan anda akan pulang? Yuk tentukan dan bersiap dirilah dengan membuat rencana dan melatih diri sebaik mungkin. Silahkan bila ada yang ingin menambahkan.

***

 

Catatan oleh Dr. Ir. Antonius Tanan, M.B.A.,M.Sc.,M.A :

-Pakar entrepreneurship Universitas Ciputra

-Independent Commissioner PT.Ciputra Development Tbk

-Pengasuh kelompok belajar Sekolah Kehidupan Entrepreneurship (SKE). Tulisan ini dilansir dari  grup SKE.

bacalah selengkapnya tentang entrepreneueship di

www.entrepreneurpos.com

Youtube:entrepreneurpos