Usia Super Senior Pasti Akan Datang

Klik link ini:

https://youtu.be/gWnSSSCFbFQ

 

Menjadi sangat senior bukan pilihan. Setiap hari kita sedang berjalan menuju kesana dan makin dekat dengan usia lansia dan kemudian jadi sangat senior atau sangat lanjut usia.

Di Hong Kong usia lansia ditetapkan 60 tahun, di usia itu masyarakat boleh memiliki kartu Octopus yang berbeda dan berhak menikmati berbagai discount. Kenapa diberikan discount? Ini adalah sebuah bentuk dukungan pemerintah untuk kelompok masyarakat yang penghasilannya mulai terbatas.

Penghasilannya tidak seperti dulu lagi, saat masih muda dan sanggup bekerja penuh waktu dan memiliki penghasilan rutin dan penuh sebagai karyawan. Jadi sudah jadi pengetahuan umum bahwa usia lansia adalah usia untuk keterbatasan-keterbatasan baru.

Pesannya sederhana yaitu sadarilah bahwa suatu kali kita tidak akan sanggup lagi bekerja penuh waktu. Otot-otot sudah melemah, daya tahan tubuh akan berkurang, tidak semua pekerjaan bisa kita lakukan. Perlahan-lahan kita akan beralih dari seseorang yang banyak membantu jadi orang yang harus dibantu. Majikan mana yang masih menghendaki?

Sangat terang benderang kenyataan usia bertambah akan membuat kita makin tidak sanggup bekerja. Dari kerja penuh waktu jadi kerja paruh waktu dan dari kerja paruh waktu kemudian hanya bisa kerja sewaktu-waktu. Setelah kerjanya sewaktu-waktu masuklah kita semua kepada situasi tidak sanggup kerja lagi.

Di saat-saat masa terakhir kehidupan di era sangat lansia tsb hanya ada 3 pilihan kondisi finansial.

1.Produktif finansial. Ini terjadi bila usaha bisnis atau investasi-inestasi di masa lalu berhasil dikelola dengan baik dan terus berkembang.

2.Mandiri finansial. Ini dapat terjadi bila memiliki tabungan atau investasi yang cukup atau usaha kecil yang dapat terus berjalan dan ditangani oleh orang yang bisa dipercaya.

3. Bergantung finansial. Ini yang menakutkan karena ketika kita harus bergantung belum tentu ada yang mau dan sanggup jadi tempat bergantung untuk kita.

Kesimpulannya mari bertindak cerdas dalam menangani masa lanjut usia yang pasti akan datang. Saat ini tampaknya masih jauh namun bukan berarti tidak akan datang. Sekali lagi ingatlah lansia datang mendekat setiap hari.

 

Catatan oleh Dr. Ir. Antonius Tanan, M.B.A.,M.Sc.,M.A :

-Pakar entrepreneurship Universitas Ciputra

-Independent Commissioner PT.Ciputra Development Tbk

-Pengasuh kelompok belajar Sekolah Kehidupan Entrepreneurship (SKE). Tulisan ini dilansir dariĀ  grup SKE.

 

Bacalah tentang ciputra entrepreneurship selengkapnya di

www.entrepreneurpos.com