PLBN Motamasin NTT Fasilitasi Warga Dapatkan SIUP hingga Izin Praktik Tenaga Kesehatan

Indoposnewsid_Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Pekan Pelayanan Publik di Perbatasan Negara Kamis (14/3/2024). Masyarakat bisa mendapatkan layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Keliling, penerbitan Surat Izin Perusahaan Perdagangan (SIUP) hingga izin praktik tenaga kesehatan.

Kepala PLBN Motamasin, Reynold Uran, menjelaskan bahwa Pekan Pelayanan Publik di Perbatasan Negara yang dilaksanakan di Gedung Keberangkatan PLBN Motamasin tidak hanya sekadar acara rutin. Melainkan inisiatif yang dirancang sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo.

Arahan tersebut yaitu mengoptimalkan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) menjadi pusat kegiatan ekonomi dan pelayanan publik di kawasan perbatasan negara.

“Tidak hanya sebagai tempat keluar masuk orang dan barang,” jelas Reynold.

Reynold menuturkan melalui kegiatan ini, upaya baru telah muncul dalam memfasilitasi akses layanan penting kepada masyarakat hingga perbatasan negara.

Tantangan aksesibilitas dan layanan publik seringkali menjadi masalah di wilayah perbatasan negara.

“Kegiatan ini menampilkan berbagai layanan yang luas dan bermanfaat, mencerminkan komitmen dalam memenuhi kebutuhan masyarakat,” katanya.

Kepala Sub Bidang Pengembangan PLBN Motamasin, Iwan Sulkisrawan, memahami bahwa di wilayah perbatasan aksesibilitas terhadap layanan publik dapat menjadi sulit.

PLBN Motamasin memastikan bahwa berbagai layanan yang diperlukan oleh masyarakat tersedia secara lengkap dari kegiatan ini.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Vinsensius Babu, menjelaskan bahwa layanan unggulan yang ditawarkan adalah Penerbitan SIUP dan izin praktik tenaga kesehatan.

Hal ini adalah upaya konkret untuk mendukung pengusaha lokal dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan di wilayah perbatasan negara.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD)/SAMSAT Malaka, Clara M.F. Bano, menerangkan bahwa dalam Pekan Pelayanan Publik di Perbatasan Negara, SAMSAT keliling juga menjadi pusat perhatian.

Masyarakat bisa registrasi ulang atau perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), pembayaran pajak kendaraan bermotor, dan kewajiban SWDKLLJ dapat dilakukan dengan mudah melalui layanan SAMSAT keliling,

Para petugas dari KPP Pratama Atambua juga turut berpartisipasi dalam acara tersebut. Para petugas menyediakan layanan pajak Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk membantu masyarakat.

“Hal ini kami lakukan untuk memenuhi kewajiban pajak mereka dengan mudah,” ujar Petugas KPP Pratama Atambua Juwanto.