Menlu RI Tinjau Bantuan Indonesia di PLBN Skouw

Indoposnewsid_Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menerima kunjungan kerja Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsuadi dan Menteri Luar Negeri Papua New Guinea (Menlu PNG) Justin Tkatchenko di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw pada, Kamis (9/5/2024).

Kunjungan Menlu RI dan Menlu PNG ke PLBN Skouw dalam rangka melaksanakan peninjauan bantuan Indonesia berupa pembangunan Primary School yang berada di Kampung Wutung, Papua Nugini.

Bantuan tersebut merupakan dukungan guna mempererat hubungan bilateral antara RI-PNG.

Pelaksana tugas (Plh) Sekretaris BNPP Robert Simbolon yang menyambut langsung kedatangan Menlu RI dan Menlu PNG. Ia mengucapkan rasa terima kasih atas kunjungan dan kehadiran kedua Menlu di PLBN Skouw sebagai gerbang antara RI-PNG.

Secara simbolis, kedatangan kedua Menlu tersebut diawali dengan pengalungan noken oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala PLBN Skouw Mathilda Pusung.

“Selaku garda terdepan di kawasan perbatasan, PLBN Skouw yang dikelola oleh BNPP merupakan satu dari 3 PLBN yang berada di tanah Papua bersama PLBN Sota dan PLBN Yetetkun,” kata Robert, yang secara definitif menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP dalam sambutannya.

Kemudian, kunjungan dilanjutkan dengan peninjauan konter-konter pelayanan yang disertai dengan penjelasan mengenai jalannya prosedur pelayanan di PLBN Skouw oleh Kepala PLBN Skouw.

Robert menjelaskan, setelah mengunjungi PLBN Skouw, Menlu RI dan rombongan melanjutkan kegiatan dengan meninjau bantuan proyek pembangunan Primary School di Papua Nugini. Rombongan Menlu RI diterima oleh Menlu PNG beserta jajaran di pintu Pos Wutung PNG.

Sebagai informasi, Indonesia memberikan bantuan pembangunan Primary School tersebut diperuntukkan sebagai pembangunan ruang kelas baru dengan nilai bantuan sebesar Rp6 miliar.

“Selanjutnya, setelah berkunjung ke Kampung Wutung, Papua Nugini, kami memfasilitasi Menlu RI beserta rombongan untuk kembali ke Jayapura melalui PLBN Skouw,” ungkap Robert.

Robert menambahkan, bahwa ini adalah hari kedua ia mendampingi Menlu RI di Papua dalam kunjungan kerjanya.

Sebelumnya, di hari pertama kunjungan Menlu RI di Papua, Robert juga turut mendampingi dalam forum pertemuan Joint Ministerial Commission (JMC) ke-4 bersama Menlu PNG.

Dalam pertemuan JMC RI-PNG Ke-4 disepakati sejumlah program kerjasama dua negara, termasuk kerjasama terkait kawasan perbatasan, seperti penyediaan aliran listrik untuk masyarakat PNG di kawasan perbatasan, peningkatan perdagangan melalui PLBN Skouw, dan kerjasama bidang keamanan dan perlindungan masyarakat, terutama di kawasan perbatasan.

Melalui kerjasama antara RI dan PNG ini, BNPP berharap semakin kuatnya komitmen bersama guna membangun kawasan perbatasan, yang didasari dengan semangat hubungan negara bertetangga yang baik dan bersaudara.(edy)