Melalui Jalur Independen, Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jakarta

 

Indoposnewsid_Jelang Pilkada 2024 sejumlah nama mencuat untuk maju menjadi calon pemilihan gubernur DKI Jakarta.

Termasuk mantan menteri ESDM Said Didu yang bakal mendaftar melalui jalur perseorangan atau independen.

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Dody Wijaya mengungkapkan mantan Wakil Kapten Tim Pemenangan Anies-Muhaimin, Sudirman Said itu akan maju melalui jalur perseorangan.

“Kemarin sore kami menerima tim dari Bapak Sudirman Said yang akan daftar jadi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan,” kata di gedung KPU DKI Jakarta kepada wartawan (10/5).

Said Didu nantinya berpasangan dengan Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri. Ia merupakan calon ketiga yang sudah berkonsultasi setelah mantan Wakil Kepala Badan Siber Sandi Negara (BSSN) Komjen (Purn) Polisi Dharma Pongrekun dan mantan Komisaris PT Petrokimia Gresik (Persero) Noer Fajrieansyah atau Bang Fajrie.

Dari ketiga pasangan calon itu di antaranya sudah mengajukan akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) sebagai tahapan pendaftaran yang akan berakhir pada 12 Mei pukul 23.59 WIB.

Diharapkan, para bakal pasangan calon yang sudah berkonsultasi atau sudah meminta akses Silon untuk bisa segera melengkapi berkas dukungan.

Untuk bakal cagub dan cawagub japur perseorangan salah satu syaratnya yakni dukungan minimal pemilih yang termuat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum terakhir adalah sebanyak 618.968 dukungan.

Batas akhir penyerahan berkas persyaratan dukungan bakal calon gubernur dan wakil gubernur jalur perseorangan hingga 12 Mei 2024.