Mantan Wapres Budiono Saksikan Bunga Bangkai Mekar di Kebun Raya Cibodas

Indoposnewsid_Mekarnya bunga bangkai atau Amorphophallus titanum Becc di kebun Raya Cibodas (19/4) menarik perhatian Wakil Presiden Indonesia Budiono ke-11 periode 2009-2014.

Kedatangan Budiono didampingi istrinya Herawati. Mereka bersama menyaksikan mekarnya bunga bangkai nomor koleksi 76 Kebun Raya Cibodas itu. Bertepatan pula sepekan setelah ulang tahun Kebun Raya Cibodas yang ke 172.

Herawati tidak bosan-bosannya menyaksikan langsung mekarnya si bunga bangkai. Mekarnya bunga bangkai kali ini terasa istimewa bagi dirinya dapat melihat secara langsung.

“Setelah saya dikabari jika bunga bangkai mekar lagi di Cibodas saya langsung mengajak Bapak untuk siap-siap untuk ke Cibodas karena saya sudah dua kali melihat bunga bangkai mekar di Cibodas. Namun sudah mulai menutup terus spatanya sehingga saya tidak mau ketinggalan momen yang langka ini,” kata Herawati.

Herawati juga menyampaikan jika dirinya sangat tertarik dengan bunga bangkai sejak Sekolah Menengah Pertama. Sehingga setiap kali ada kabar bunga bangkai mekar beliau langsung ingin melihatnya secara langsung.

Bunga bangkai tersebut mekar memiliki ketinggian 310,5 cm dengan lebar spata 161 cm. Individu tanaman tersebut merupakan hasil penyemaian biji tahun 2000 dan ditanam pada 2004. Ini merupakan kali ketiganya individu tanaman tersebut berbunga setelah sebelumnya berbunga pada tahun 2016 dan 2020.

Sampai saat ini jumlah koleksi tanaman bunga bangkai yang ada di Kebun Raya Cibodas sebanyak 10 nomor spesimen. Terdiri atas 1 spesimen induk hasil pengoleksian berupa umbi dan 9 spesimen merupakan hasil perbanyakan dari biji.

Setelah puas menikmati indahnya bunga bangkai, Herawati dan Budiono melanjutkan perjalanan kembali ke lokasi lainnya.

Di sela-sela kunjungannya pun Budiono menyempatkan diri untuk berfoto bersama pegawai KR Cibodas dan memberikan ucapan ulang tahun Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang ke 3.