Ide Bisnis Muncul Dari Masalah

foto:gettyimage

Menghasilkan Banyak Ide Bisnis
Salah satu ciri orang kreatif memiliki banyak ide sehingga saat diskusi tidak pernah kekurangan bahan.

Bagaimana caranya untuk bisa menghasilkan banyak ide? Kata kuncinya ya belajar dan berlatih.

Berikut adalah 5 tips untuk dapat jadi sosok yang memiliki banyak ide.

1.Banyak membaca, mendengar dan menonton tayangan yang menambah dan memperdalam pengetahuan. Semakin luas wawasan kita maka makin banyak gagasannya.

2.Biasakan setiap hari untuk melatih otak bisa menghasilkan gagasan. Sebagai contoh bila belanja ke super market dan melihat sebuah barang yang dijual maka bertanyalah pada diri sendiri “bila aku jadi penjualnya maka apa yang dapat aku lakukan supaya lebih banyak orang menengok produk ini dan tertarik?

3.Bila melihat sebuah masalah maka pikirkan solusinya. Ada banyak masalah di sekitar kita. Kita tidak pernah kekurangan masalah. Sebagai contoh tentukan sebuah masalah yang sedang dihadapi majikan di rumah. Cari masalah yang sederhana dulu misalnya tentang menata barang di rumah. Pikirkan solusinya dan usulkan ke majikan.

4.Mengembangkan pilihan. Maksudnya bila kita memikirkan solusi dari masalah jangan hanya berpikir satu alternatif solusi saja tetapi pikirkan sampai 3 kemungkinan solusi. Ini melatih otak kita untuk menghasilkan lebih banyak gagasan.

5.Setiap hari sengaja berlatih mencipta gagasan. Tentukan setiap hari sebuah jam tertentu untuk mencatat di buku catatan belajar gagasan bisnis.

Mulai dengan satu gagasan bisnis tiap hari maka dalam satu bulan bisa punya 30 gagasan. Jangan dulu pikir itu bisa dikerjakan atau tidak. itu nomor dua.

Tulis saja berdasar pengalaman hari ini, Misalnya saat di pasar melihat orang jual sayur organisk dan kita terispirasi. Sampai rumah tulis gagasan tsb. Alternatif lain tulis di HP.

Nah, itu lebih gampang lagi karena kita bisa menulis gagasan dimana saja termasuk saat di teng-teng. Daripada melamun yang tak perlu lebih baik tengok kiri dan kanan untuk mencatat gagasan bukan?

***
Catatan oleh Dr. Ir. Antonius Tanan, M.B.A.,M.Sc.,M.A :
-Pakar entrepreneurship Universitas Ciputra
-Independent Commissioner PT.Ciputra Development Tbk
-Pengasuh kelompok belajar Sekolah Kehidupan Entrepreneurship (SKE). Tulisan ini dilansir dari grup SKE.

Bacalah tentang ciputra entrepreneurship selengkapnya di
www.entrepreneurpos.com