Gempa Taiwan 7.4 SR, Terkuat Dalam 25 Tahun

Indoposnewsid_Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter mengguncang Taiwan (3/4/2024). Gempa ini terkuat yang melanda pulau itu dalam setidaknya 25 tahun terakhir. Data sementara gempa menewaskan satu orang, melukai puluhan orang dan memicu peringatan tsunami untuk Jepang selatan dan Filipina yang kemudian dicabut.

Dilansir dari straitstimes, Departemen pemadam kebakaran Taiwan melaporkan satu orang diduga tewas tertimpa batu yang jatuh di daerah pegunungan Hualien di bagian timur. Yang berpenduduk jarang, tempat pusat gempa berada, dan lebih dari 50 orang terluka.

Beberapa bangunan di Hualien juga rusak dan orang-orang terjebak, katanya tanpa menyebutkan berapa jumlahnya.

Stasiun televisi Taiwan menayangkan cuplikan bangunan-bangunan pada sudut yang berbahaya di Hualien, di mana gempa terjadi tepat di lepas pantai sekitar pukul 8 pagi ketika orang-orang sedang berangkat kerja dan sekolah.

Gempa tersebut, yang mematikan aliran listrik di beberapa bagian ibu kota Taipei, terjadi pada pukul 07.58 pagi di kedalaman 15,5 km di lepas pantai timur Taiwan, menurut Badan Cuaca Pusat Taiwan. Ini adalah gempa terkuat yang melanda pulau itu dalam 25 tahun terakhir.

Wu Chien-fu, direktur Pusat Seismologi Administrasi Cuaca Pusat Taipei, memperingatkan bahwa pihak berwenang tidak mengesampingkan bahwa akan ada gempa bumi berkekuatan 6,5 hingga 7 skala Richter dalam tiga hari yang relatif dekat dengan daratan,” katanya.

Penerbangan ditangguhkan di bandara utama Okinawa sebagai tindakan pencegahan, kata seorang pejabat kementerian transportasi.

Badan Seismologi Filipina juga mengeluarkan peringatan bagi warga di wilayah pesisir beberapa provinsi, mengimbau mereka untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Taiwan juga mengeluarkan peringatan tsunami, namun melaporkan tidak ada kerusakan akibat peringatan tersebut, dan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii kemudian mengatakan bahwa risiko gelombang tsunami yang merusak kini sebagian besar telah berlalu.

Menurut seorang saksi mata gempa susulan masih dapat dirasakan di Taipei, dengan setidaknya 25 gempa susulan tercatat sejauh ini, menurut badan cuaca pusat Taiwan.

Media pemerintah Tiongkok mengatakan gempa tersebut dirasakan di provinsi Fujian, Tiongkok, sementara seorang saksi mata Reuters mengatakan gempa juga dirasakan di Shanghai.