Twelve Final Days, Film Dokumenter Legenda Tenis Roger Federer

Indoposnewsid_Bagi para penggemar tenis dapat melihat lebih dalam tentang bintang dunia Roger Federer melalui film dokumenternya. Berjudul Federe :Twelve Final Days yang dirilis di Prime Video pada 20 Juni 2024.

Legenda petenis asal Swiss itu mengukir sejarah ketika berkompetisi terakhir kalinya di Laver Cup 2022 lalu.

Ditangan sutradara pemenang Academy Award Asif Kapadia tontonan film itu jadi kenarik. Didukung olean rekan sutradaranya Joe Sabia yang mengikuti mantan petenis peringkat satu dunia itu saat ia mengumumkan akhir dari 24 tahun karier profesionalnya.

“Ini adalah gambaran hidup saya selama 12 hari itu, yang cukup menegangkan dan menarik,” kata Federer ketika proyek tersebut pertama kali diumumkan.

Awalnya merupakan film rumahan yang tidak dimaksudkan untuk ditonton publik. Film ini menampilkan Federer dalam kondisi paling rentan dan jujur. Saat pemenang Grand Slam 20 kali itu bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal pada permainan dan para penggemar. Yang telah membentuk kehidupan dan kariernya yang termasyhur dari dua dekade.

Dua Belas Hari Terakhir disutradarai oleh sutradara pemenang Academy Award, BAFTA dan Grammy Asif Kapadia. Yang juga membuat kisah tentang kisah orrang di belakang Senna. Fillm dokumenter tentang mendiang pembalap Formula Satu Ayrton Senna, dan Amy, tentang mendiang penyanyi Amy Winehouse dan sutradara Joe Sabia.

Pertandingan terakhir Federer berlangsung di arena O2 London. Tempat ia bekerja sama dengan rival lama dan temannya Rafael Nadal. Untuk tim Eropa melawan tim dunia di turnamen lapangan keras dalam ruangan Laver Cup.

Ajang beregu putra dengan petenis campuran para bintang dari berbagai negara. Seperti Bjorn Borg, Novak Djokovic, Andy Murray.