Sebanyak 1.500 Warga Turun Gunung Ikuti Ritual Seba Baduy 2024

Indoposnewsid_Pj. Bupati Lebak Iwan Kurniawan mengikuti ritual Seba Baduy 2024 yang digelar di Pendopo Kabupaten Lebak pada Jumat, (17/5).

Ritual diikuti oleh sebanyak 1.500 warga Baduy dan dihadiri para pejabat dan tamu lainnya termasuk Bupati Lebak 2014 – 2024 Iti Octavia Jayabaya.

Seba merupakan upacara tradisional yang biasa dilakukan oleh masyarakat baduy yang artinya persembahan hasil panen kepada pemerintah setempat. Hal itu dilakukan sbagai ungkapan rasa syukur yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan silaturahmi antara masyarakat suku baduy dengan pemerintah.

Pj. Bupati Iwan Kurniawan mengatakan bahwa tradisi Seba Baduy harus dilestarikan karena memgandung makna untuk memperkuat persatuan antara masyarakat dan pemerintahnya.

Iwan mengajak seluruh masyarakat untuk melindungi dan menjaga alam agar pembangunan dapat harmonis dengan lingkungan. Seba Baduy dijadikan momentum untuk selalu ingat bahwa pembangunan tetap bisa dilaksanakan tampa melupan budaya leluhur.

“Dalam kesempatan saya ucapkan terima kasih serta mengapresiasi seluruh stakeholder atas kerja sama yang terjalin dalam Pelaksanaan kegiatan ini,” jelasnya.

Selain itu Tetua Adat Badui yang juga Kepala Desa Kanekes Kabupaten Lebak Jaro Saija mengatakan perayaan upacara tradisi Seba yang dilakukan masyarakat Badui menjadi kewajiban, karena amanat perintah leluhur yang harus dilaksanakan.

Masyarakat Badui khawatir kualat hingga menimbulkan malapetaka jika tidak dilakukan tradisi Seba bersama kepala pemerintahan daerah.

Oleh karena itu, masyarakat Badui pada Seba tahun 2024 dihadiri sebanyak 1.500 orang tersebar di 68 kampung di pemukiman kawasan Badui. Diharapkan tradisi Seba ini berjalan lancar dan mendapatkan keberkahan bagi masyarakat Badui.

Dalam upacara tradisi Seba masyarakat Badui di Gedung Pendopo Pemkab Lebak dihadiri dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga undangan tamu dari Jakarta dan Bandung.

foto:ist