Empat UMK Binaan Jasa Marga Berpartisiapsi dalam Pameran Adiwastra Nusantara 2024

Indoposnewsid_PT Jasa Marga (Persero) Tbk melibatkan empat Usaha Mikro Kecil (UMK) yang merupakan Mitra Binaan Jasa Marga dalam pameran Adiwastra Nusantara 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Hall A & B pada 15-19 Mei 2024.

Keempat Mitra Binaan Jasa Marga tersebut antara lain Kreasi Rottan, Oleh-Oleh Khas Jakarte Hj. Maemune, Batik Tulis Madura Giat Mandiri, dan Kerajinan Bali.

Pameran Adiwastra Nusantara 2024 adalah perhelatan terbesar tentang kain tradisional Indonesia, yang meliputi batik, tenun, songket, sasiringan, dan lain sebagainya yang merupakan produk industri kreatif berbasis kearifan lokal dan keanekaragaman budaya Nusantara.
Tahun ini, Pameran Adiwastra Nusantara bertema Ragam Wastra Indonesia, Pesona Budaya Nusantara.

Pameran ini diselenggarakan secara berkala setiap tahunnya sejak tahun 2008, dan telah diikuti lebih dari 400 pengrajin wastra adati dari berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia.
Peserta pameran Adiwastra Nusantara pun cukup beragam.

Mulai dari para perancang dan perajin kain unggulan yang terpilih dari seluruh Indonesia, para produsen dan perajin wastra binaan Kementerian dan Lembaga terkait, para perajin dan UKM wastra binaan Pemerintah Daerah dari seluruh Indonesia, para perajin dan UKM wastra mitra binaan BUMN, dan perajin wastra dari negara-negara sahabat.

Wakil Ketua DPR Republik Indonesia Rachmat Gobel dalam pembukaan pameran Adiwastra Nusantara 2024 mengatakan, pameran seperti Adiwastra Nusantara 2024 ini sangat ditunggu-tunggu.

Menurutnya, selain tidak hanya menampilkan beragam jenis kain tradisional dan kerajinan lainnya, ada nilai-nilai sejarah dan kebudayaan Indonesia yang dipamerkan dalam Adiwastra Nusantara.