Pemilik Formula 1 Akan Ambil Alih MotoGP

Indoposnewsid_Liberty Media, pemilik Formula 1 akan menandatangani kontrak dan membeli hak MotoGP dari pemegang saat ini, Dorna. Jika kesepakatan ini berhasil, maka ini akan menjadi sebuah pencapaian besar bagi perusahaan AS tersebut.

Menurut Financial Times, Liberty Media dan perusahaan yang berbasis di Madrid, “hampir” menyatukan olahraga roda empat dan roda dua di bawah satu bendera. Liberty Media telah menawarkan $4,32 miliar kepada Dorna, termasuk penghapusan utang, dan pengumumannya sedang dalam proses.

Berdasarkan laporan FT, terjadi perang penawaran tiga arah antara Liberty Media, Qatar Sports Investments pemilik klub sepak bola Paris Saint-Germain, dan pemilik Ultimate Fighting Championship, William Morris Endeavour.

Ini bukan kali pertama pemilik F1 mengincar hak berharga MotoGP. Sebelumnya, upaya Bernie Ecclestone dan CVC Capital Partners untuk memiliki kendali penuh atas dua kejuaraan dunia itu ditolak oleh pejabat antimonopoli Komisi Eropa.

Liberty Media ingin mengubah nasib Dorna seperti yang mereka lakukan dengan Formula 1. Perusahaan yang berbasis di AS ini menyelesaikan akuisisi 100 persennya pada tahun 2017 dan telah meningkatkan labanya ke tingkat yang sangat tinggi.

F1 mencatatkan laba 64 persen menjadi $392 pada tahun 2023 sehingga mendorong pendapatan dari $2,5 miliar menjadi $3,2 miliar.

Liberty Media telah berhasil mempromosikan Formula 1 secara global dengan film dokumenter Netflix Drive to Survive yang sangat sukses. Perusahaan AS juga telah memperkenalkan Formula 1 di tempat-tempat baru seperti Las Vegas, Jeddah, Miami dan Doha.