Mahkota Gayatri Miss Mega Bintang Indonesia, Motif Sawung Galing Lambangkan Kekuatan

Indoposnewsid_Ajang pemilihan Miss Mega Bintang Indonesia 2024 kembali digelar untuk edisi kedua. Kontes kecantikan yang diselenggarakan Yayasan Dunia Mega Bintang itu kali ini diikuti 50 peserta dari 15 provinsi di Indonesia.Malam final akan diselenggarakan pada 19 Mei 2024 di Istora Senayan Jakarta.

Founder Yayasan Dunia Mega Bintang Ivan Gunawan mengatakan pemenang utama dari kontes itu nantinya akan dikirim mewakili Indonesia di ajang Miss Grand International 2024. Enam besar pemenang lainnya juga akan dikirim ke ajang kecantikan tingkat Internasional.

Untuk regional selection dilakukan di 13 provinsi sejak Desember 2023 hingga April 2024, sementara Jakarta dan NTT dipilih melalui audisi pusat oleh Yayasan.

Kali ini Miss Mega Bintang 2024 mengangkat budaya Indonesia dengan menampilkan Culture Parade oleh Indonesia Mie Fashion Show di Candi Sewu. Para finalis akan menampilkan kostum khas daerah dengan sentuhan modern.

“Saya ingin pemenang Miss Mega Bintang Indonesia mewakili Indonesia ke ajang internasional. Nantinya dapat enunjukkan kepada dunia bahwa perwakilan Indonesia mampu bersaing di kancah dunia,” kata Ivan Gunawan dalam jumpa pers di Hotel Vertu Harmoni Jakarta (15/4).

Dalam acara itu juga sekaligus menampilkan mahkota baru dirancang oleh Desainer Perhiasan Venezuela, George Wittels. Mahkota indah ini bukan hanya sekedar simbol keindahan tetapi juga merupakan penghormatan terhadap budaya dan warisan Indonesia.

Terinspirasi oleh burung phoenix Indonesia, Sawung Galing. Terkenal dengan representasi Keindahan, Kekuatan, dan Kekuatannya, mahkota ini mewujudkan kualitas-kualitas ini dalam setiap detail yang rumit.

Nama Gayatri diambil dari salah satu istri Raden Wijaya, raja pertama Majapahit, yang melambangkan kekuatan, ketangguhan, dan keterkaitan yang mendalam dengan sejarah Indonesia. Perpaduan antara makna sejarah dan desain modern menjadikan mahkota ini sebagai perwujudan sejati etos Miss Mega Bintang Indonesia.

Pembukaan mahkota yang menakjubkan ini menandai babak baru dalam warisan Miss Mega Bintang Indonesia. Yang tidak hanya merayakan keindahan tetapi juga kekayaan budaya Indonesia.

Karantina Miss Mega Bintang Indonesia 2024 digelar di Yogyakarta pada 3 – 7 Mei 2024. Lalu dilanjutkan di Jakarta pada tanggal 7 – 19 Mei 2024. Malam finalnya digelar 19 Mei 2024 di Istora Senayan Jakarta.

Selama masa karantina, para finalis akan mendapatkan berbagai kelas pembekalan, termasuk perawatan kulit, pelatihan public speaking, dan pelatihan kesehatan wanita. Mereka juga akan mengikuti sejumlah kegiatan di Yogyakarta dan Jakarta, serta menghadiri berbagai acara resmi dan sesi penjurian.