Hari Kartini, YouTube Rilis Seri Dokumenter Perempuan Kreator Konten

Indoposnewsid_Momen hari Kartini yang diperingati setiap tahun pada 21 April digelar beragam kegiatan bagi kaum perempuan. Misalnya YouTube yang meluncurkan sebuah serial dokumenter Seribu Kartini yang dibagi menjadi lima bagian. Acara itu dikemas dalam acara YouTube bertajuk Seribu Kartini, Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat (19/4).

Dalam kegiatan itu ada lima konten kreator yang dipilih oleh YouTube memiliki latar belakang profesi berbeda.Yaitu, Nessie Judge, Novi Petani Happy, Arih Lystia, Irene Komala, dan Nadhira Afifa. Kelimanya dinilai berhasil memberdayakan diri untuk komunitasnya menjadi lebih terbuka dan turut membantu keluarganya.

Para perempuan itu menjadi konten kreator youtube untuk berbagi kisah inspiratif. Berkisah tentang kehidupan mereka dan keluar dari zona nyaman.

Sesuai dengan sosok Kartini yang dikenang karena memperjuangan hak perempuan Indonesia. Hak perempuan untuk mendapatkan pendidikan, berpolitik, dan bebas dari belenggu norma.

Salah satu konten kreator you tube Novi Listiana yang dulunya biduan sekarang berani terjun jadi petani di desanya Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Sementara itu jurnalis Najwa Shihab yang hadir dalam acara itu mengatakan, seharusnya Hari Kartini itu setiap hari. Perempuan bisa menjadi sosok yang inspiratif, kreatif dan penuh dengan nilai – nilai kehidupan yang baik.

“Harusnya setiap hari itu hari Kartini. Untuk perempuan dapat menunjukkan apa yang telah dilakukan dan diperbuat,” kata Najwa.

Selain itu, Manajer Senior Pemasaran Produk YouTube Indonesia dan Asia Tenggara Olavina Harahap mengatakan bahwa cerita lima perempuan kreator konten dalam seri dokumenter itu membuktikan bahwa perempuan bisa jadi pelopor perubahan. Mengubah hidupnya dengan cara kreatif.

“Hari Kartini ini, kami dapat mengingatkan setiap wanita Tanah Air bahwa mereka bisa menjadi pelopor perubahan dalam hidupnya. Menceritakan kisah berbagai perempuan zaman modern dengan cara yang merupakan inti dari YouTube, yaitu visual storytelling,” katanya.

Dijelaskannya, setiap perempuan bisa belajar dari Kartini. Berusaha mewujudkan mimpinya dan menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya.

Kisah inspiratif tersebut juga disiarkan di

YouTube Indonesia pada 19 April 2024.