Festival Bedug Jaktim 2024

 

Indoposnewsid_Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, membuka Festival Bedug 2024, di halaman Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (19/3/2024). Festival diikuti 20 tim perwakilan dari setiap kecamatan se-Jakarta Timur (Jaktim).

Walikota menjelaskan, Festival Bedug merupakan ajang pelestarian budaya leluhur, simbol religi umat islam yang dilaksanakan setiap bulan Ramadan. Festival Bedug juga momen silaturahmi antar kecamatan di Jakarta Timur, tak hanya pemerintah, tapi juga masyarakat umum dan para penggiat seni.

“Kali ini ada 20 peserta yang ikut, bagaimana mereka bisa mengkreasikan, menginovasikan keahlian mereka di bidang bedug. Tentunya menjadi seni budaya yang baik untuk generasi kita ke depan,” ujarnya.

Dari festival ini, Walikota menargetkan perwakilan Jakarta Timur dapat mempertahankan gelar tingkat Provinsi DKI Jakarta. Sebelumnya, Jakarta Timur merupakan juara umum di tingkat Provinsi DKI Jakarta tiga kali secara beruntun dari 2017-2019, sebelum akhirnya terhenti pandemi Covid-19.
Juara 1 sampai 3 Festival Bedug 2024, akan mewakilkan Jakarta Timur di tingkat Provinsi DKI Jakarta pada 28 Maret 2024.

“Targetnya kita mempertahankan. Mudah-mudahan kita bisa mempertahankan tiga kali berturut-turut juara 1 tingkat Provinsi tahun ini ,” ungkapnya.

Kegiatan Festival Bedug 2024 disertai dengan santunan untuk 60 anak yatim piatu. Kegiatan juga dihadiri Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur Iin Mutmainnah, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur Diah Anwar, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Kusmanto, dan para pejabat di lingkungan Kota Administrasi Jakarta Timur.