Ekspresi 12 Seniman di Pameran Seni Rupa Bergerak

Indoposnewsid_Dinas Kebudayaan DKI Jakarta menggelar pameran lukisan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-497 Kota Jakarta. Acara itu dimulai sejak 21-25 Mei lalu dan bakal ditutup pada pukul 19.00 WIB di Taman Ismail Marzuki.

Karya-karya pelukis lokal kenamaan yang salah satunya menampilkan MonaliSad.Lukisan itu karya Setyo Purnomo alias Kembang Sepatu di atas canvas berukuran 100 cm x 80 cm.

“Seniman perupa kami khususkan di satu area, yaitu kawasan Pasar Seni Ancol karena melihat potensi prestasi dari seniman yang ada di Ancol sebenarnya bukan main-main, karyanya sangat baik semua,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana.

Pameran menampilkan 12 pelukis dari Jakarta dan Yogyakarta mengambil tema “Bergerak” yang diartikan menyibak pandangan-pandangan pribadi. Mengenai suatu peristiwa dan objek umum yang melekat pada jiwa pelukis, kata perupa Alex Luthfi R.

Melalui lukisannya itu, Setyo mengutarakan bahwa lukisan Monalisa yang populer di dunia, keindahan dan misterinya mempengaruhi sebagian masyarakat dunia. Namun ini belum mampu menyentuh pada kepekaan nurani masyarakat, setidaknya pemimpin dunia sehingga perang masih saja bergejolak dan berdampak pada anak-anak tidak berdosa.

Selain dia, masih ada 11 pelukis lainnya yakni Agus Baqul Purnomo, Alex Luthfi R, Alya Nurshabrina Samadikun, Anugerah Eko Triwahyono, Gogor Purwoko, Handoyo, Nasirun, MasPadhik, Sahat Simatupang, Totok Buchori, dan Yaksa Agus. Mereka masing-masing menampilkan ide dan karya berbeda.