Aksi Jernihkan Laut, Restorasi Kerang Hijau di Ancol

 

Indoposnewsid_Rangkaian peringatan Hari Bumi pada 22 April, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) mengajak 200 pemuda pecinta lingkungan. Mereka ikut serta melestarikan lingkungan pada kegiatan Amazing Earth Race di area Pantai Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (28/4).

Program restorasi kerang hijau Jernih Laut Jakarta merupakan salah satu program dari Department Konservasi PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. Dalam upaya meningkatkan kualitas air laut pantai ancol.

Dengan cara menumbuhkan kembali kerang hijau (perna viridis) sebagai filter feeder atau filter alami di laut. Secara ekologi, kerang hijau memiliki kemampuan untuk memfiltrasi air laut di sekitarnya dan menjadikan air laut yang lebih bersih dan lebih jernih.

Menurut Humas Ancol Taman Impian Ariyadi Eko Nugroho, kegiatan ini juga sebagai upaya membuat lautan Jakarta lebih bersih dan jernih. Sekaligus wujud komitmen Ancol dalam upaya melindungi dan mengurangi beban bumi akibat dampak dari kehidupan manusia.

Dalam aksi itu, kulit kerang tersebut dibawa menggunakan perahu ke tengah laut dan ditanam ke dasar laut oleh tim penyelam. Gunanya untuk memancing tumbuhnya kerang hijau baru di lautan.

Melalui kegiatan tersebut juga melibatkan lebih dari 1.100 orang dalam penanaman kulit kerang hijau di perairan laut Ancol.

Hasilnya dibeberapa titik di laut Ancol, populasi kerang hijau telah mengundang kembali berkembangnya biota laut, seperti ikan karang dan kepiting.

 

foto:jaya ancol