Agung Podomoro Bangun Fly Over Tenjo

Indoposnewsid_Pembangunan jembatan layang (flyover) dan jembatan penyeberangan orang (JPO) digelar groundbreaking oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Stasiun Tenjo, Kabupaten Bogor, Sabtu (30/3).

Menhub Budi Karya mengatakan keberadaan kedua infrastruktur ini diharapkan mampu mengurai kemacetan. Meningkatkan keselamatan dan efisiensi pergerakan kendaraan maupun pejalan kaki. Pembangunan infrastruktur tersebut juga untuk meningkatkan penggunaan moda transportasi umum, hingga memperkuat pelayanan KRL rute Jakarta-Rangkasbitung dan sebaliknya.

“Setelah flyover selesai dibangun, maka perlintasan sebidang di kawasan tersebut akan ditutup secara permanen. Dengan begitu, permasalahan lalu lintas serta risiko kecelakaan kereta api dengan pengguna jalan bisa diminimalisir,” katanya.

Selain itu, Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Bacelius Ruru memaparkan bahwa pembangunan flyover dan JPO Tenjo merupakan wujud partisipasi Agung Podomoro dalam mendukung rencana tata ruang Pemkab Bogor.

Progres pembangunan flyover dan JPO Tenjo saat ini sudah memasuki pembangunan pondasi bored pile. Pembuatan akses jalan de tour untuk pengalihan selama masa konstruksi. Kedua infrastruktur tersebut ditargetkan mulai beroperasi pada Desember 2024 mendatang.

Dijelaskannya, pembangunan flyover dan JPO Tenjo merupakan bagian dari konsep Grand Transit Oriented Development (TOD) Kota Podomoro Tenjo. Kehadiran TOD menjadi prioritas bagi pengembang untuk mendorong konsumen dan masyarakat agar mengoptimalkan penggunaan transportasi umum yang ramah lingkungan seperti KRL, sehingga dapat mewujudkan kota yang produktif, efisien, dan berkelanjutan.

Grand TOD Kota Podomoro Tenjo dibangun di lahan seluas 2,2 hektare dan terintegrasi langsung dengan Stasiun Tigaraksa, yang nantinya akan dilengkapi dengan akses Transjakarta dan LRT.

Lokasi TOD juga dekat dengan pintu gerbang Tol Cileles, yakni hanya 2 km dari ruas tol Serpong – Balaraja. Dengan adanya akses tersebut, waktu tempuh menuju Jakarta akan lebih cepat menjadi 40 menit dan menuju Serpong hanya 20 menit.