- Advertisement -spot_img
BerandaMEGAPOLITANTol Serbaraja Sudah Dioperasikan dan Segera Diberlakukan Tarif

Tol Serbaraja Sudah Dioperasikan dan Segera Diberlakukan Tarif

- Advertisement -spot_img

foto ist

indoposnews.id – Pasca diresmikannya Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) seksi 1A oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo pada Selasa (20/9/2022) lalu, kini jalan tol tersebut sudah dapat digunakan oleh masyarakat umum dari Jakarta menuju BSD City atau sebaliknya.

Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk sebagai pemegang saham utama PT Trans Bumi Serbaraja telah merampungkan pembangunan Tol Serbaraja seksi 1A sepanjang ±4 km.

Tol ini menghubungkan ujung jalan tol eksisting (Ulujami-Pondok Area-Serpong) di sisi klaster The Green BSD City menuju simpang susun CBD BSD City (di sisi Aeon Mall) dan terkoneksi langsung dengan kawasan TOD Intermoda BSD City.

Infrastruktur konektivitas berupa jalan bebas hambatan berbayar ini masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Presiden Direktur PT Trans Bumi Serbaraja yang juga menjabat sebagai Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk – Ir. Siswanto Adisaputro mengatakan, “Setelah memperoleh Sertifikat Laik Operasi (SLO), diterbitkannya SK Operasi, hingga akhirnya diresmikan oleh Bapak Joko Widodo kemarin, Tol Serbaraja Seksi 1A bisa dioperasikan untuk dilalui oleh masyarakat umum dan segera diberlakuan tarif sesuai dengan Surat Keputusan (SK) tarif yang dikeluarkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” jelas Siswanto, Rabu (28/9/2022).

“Kini, masyarakat mempunyai pilihan akses jalan baru untuk mobilisasi mereka. Selain itu, dengan dibukanya tol ini juga dapat mempercepat mobilitas barang dan jasa sehingga kita harapkan ekonomi bisa semakin baik serta terus meningkat ke depannya,” imbuhnya.

Pembangunan Tol Serbaraja seksi 1A merupakan bagian pertama yang rampung dibangun dan akan segera beroperasi.

Nantinya tol Serbaraja akan memiliki total keseluruhan panjang ±40 km yang terbagi dalam tiga tahap. Yakni seksi I Serpong-Legok (±9,8 km), seksi II Legok-Pasir Barat (±11,5 km), dan seksi III Pasir Barat-Balaraja (±18,6 km).

Tol Serpong-Balaraja akan meringankan beban kendaraan yang selama ini ditanggung oleh sejumlah jalan di kawasan Tangerang Raya, Banten.

Tol ini akan terkoneksi dengan tol Jakarta-Serpong, tol Jakarta-Merak, JORR dan berbagai ruas tol di Pulau Jawa. PT Trans Bumi Serbaraja berkomitmen untuk memenuhi seluruh Standar Pelayanan Minimum (SPM) bagi pengguna jalan Tol Serbaraja seksi 1A.

Dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol, PT Trans Bumi Serbaraja menyediakan berbagai layanan di sepanjang ruas jalan tol yang dikelolanya.

Layanan tersebut di antaranya kontrol selama 24 jam baik melalui CCTV maupun petugas yang melakukan patroli sesuai dengan standar jalan tol yang berlaku. Selain itu, layanan lalu lintas jalan tol ini juga dilengkapi dengan kendaraan derek, ambulans, rescue, dan patroli jalan raya (PJR). (*)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Harus Baca
- Advertisement -spot_img
Artikel terkait
- Advertisement -spot_img