- Advertisement -spot_img
BerandaNEWSTerpilih Secara Aklamasi Sesuai AD/ART di Munas Hipakad, Hariara Tambunan Gaspol Besarkan...

Terpilih Secara Aklamasi Sesuai AD/ART di Munas Hipakad, Hariara Tambunan Gaspol Besarkan Organisasi

- Advertisement -spot_img

foto ist

indoposnews.id – Hariara Tambunan, SE.SH.MM terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) ke 1 di Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Aklamasi bulat dari 21 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) telah kembali menginginkan, memilih serta memutuskan Hariara Tambunan sebagai Komandan Hipakad untuk periode 2022-2027.

Tok..tok..tok!!! Palu sidang oleh Ketua Sidang Paripurna secara aklamasi telah memutuskan tokoh pemuda nasional berdarah Batak memimpin Hipakad untuk lima tahun ke depan.

Kedua puluh satu DPD Hipakad tersebut mulai dari DPD Hipakad Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jambi, Lampung, Kalimantan Timur, Riau, Bangka Belitung, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Banten, Jateng, Jabar, Jatim, NTT, dan NTB.

Hipakad merupakan organisasi resmi di bawah naungan TNI Angkatan Darat. Resmi berdiri secara sah pada tahun 2017.

Munas ke-1 sekaligus tasyakuran HUT ke 5 Tahun Hipakad juga dihadiri para Pimpinan TNI dari ketiga matra, Kepolisian RI, Kemenhan, Kemendag, serta BIN.

Sedangkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A mendapatkan kehormatan menyampaikan sambutan dalam video conference dalam pembukaan Munas Hipakad tersebut.

Untuk pidato Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M, diwakili dan dibacakan oleh Koordinator Staf Ahli Kasad, Letjen TNI Afini Boer.

Sedangkan Mayjen TNI Nugroho hadir mewakili Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si memerintahkan Kakorlantas Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi, M.Si. mewakili Kapolri.

Bahkan Wakil Menteri Perdagangan DR Jerry Sambuaga juga menyempatkan hadir karena juga bagian dari Keluarga TNI AD.

Kepala BIN Jenderal Polisi Prof. Dr. Budi Gunawan, SH., M.Si diwakili Kabinda DKI Mayor Jenderal TNI Purwotho.

Sedangkan Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD) Letjen TNI (Purn) Dr (HC) Doni Monardo memberikan sambutan dan arahan sebagai Bapak Pembina dari Anak-anak Hipakad.

Selain itu juga dihadiri langsung Devi Luhut Pandjaitan sebagai sesepuh dan tokoh yang mencintai Hipakad dan juga didampingi Liza Hariara Tambunan.

foto ist

Sementara itu, Kasad Jenderal TNI DR. Dudung Abdurachman yang diwakili Koorsahli Kasad, Letjen TNI Afini Boer bersama Ketua Umum PPAD Letjen TNI (Purn) Dr (HC) Doni Monardo dan didampingi Ketua Umum DPP Hipakad Hariara Tambunan memukul Gondang, menandai Pembukaan Munas ke 1 Hipakad.

foto ist

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang hadir melalui virtual zoom menyampaikan selamat atas suksesnya acara Munas Hipakad tersebut.

“Sebelumnya saya ucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya acara Munas Hipakad ini, selain itu apapun yang mau kita kerjakan untuk negeri ini, itu berangkat dari persatuan dan kesatuan, kalau kita semua kompak kita semua padu tidak ada yang tidak bisa diselesaikan, oleh karena itu saya ajak Hipakad untuk ikut menjaga persatuan dan kesatuan di Republik Indonesia yang kita cintai ini, jangan mau kita dipecah oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Indonesia hebat, Indonesia akan lebih maju,” ucap Menteri Senior Pemerintahan Jokowi ini.

Menko Luhut berpesan agar Anak-anak Hipakad selalu menjaga netralitas, kompak dan jangan mudah terpecah karena isu-isu negatif dan hoaks yang tidak bertanggung jawab yang sering beredar di masyarakat.

Jenderal TNI AD ini meminta seluruh pengurus dan anggota Hipakad untuk terus menjaga, mengawal, dan menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan di bumi Republik Indonesia yang tercinta ini.

“Jangan mau kita dipecah-pecah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jangan sampai anak-anak Hipakad lemah atas hasutan, narasi saling menebar kebencian dan mengoyak persatuan dan kesatuan anak-anak bangsa,” ujar Menko LBP

“Indonesia hebat. Indonesia akan lebih maju lagi ke depan dengan lompatan dan terobosan besar jika persatuan dan kesatuan terus terjaga,” tegasnya.

Ciptakan Lapangan Kerja

Sedangkan Ketua Umum PPAD meminta anggota Hipakad untuk mengikuti perkembangan yang ada. Untuk memonitor potensi-potensi yang dapat mengancam keselamatan bangsa kita.

“Bapak Presiden Jokowi hampir setiap ada kesempatan mengingatkan tentang risiko terhadap masalah energi dan pangan. Kita harus bersyukur juga pemerintah masih bisa dan mampu mengendalikan harga pangan. Dibandingkan dibanyak negara harga pangan semakin meningkat dan sudah cukup banyak warga masyarakat yang harus mengantri makanan,” jelas Doni.

“Ini sekali lagi harus kita syukuri. Indonesia bisa bertahan dalam suasana krisis ini. Ini pun tidak terlepas dari upaya kita bersama dalam menangani Pandemi Covid-19. Sebagaimana juga disampaikan Bapak Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan. Bagaimana kekompakan, kebersamaan TNI Polri, menjadi garda terdepan bersama para dokter, para tenaga medis dan juga para relawan. Termasuk keluarga besar TNI untuk membantu bangsa kita agar terhindar dari ancaman pandemi covid,” imbuhnya.

Di luar itu kita juga mampu menjaga pertumbuhan ekonomi.

“Bapak Presiden dari awal selalu menekan bangsa ini harus bisa menciptakan keseimbangan. Kita tidak boleh terpapar Covid. Namun kita pun tidak boleh terkapar karena PHK. Oleh karenanya keseimbangan ini harus kita jaga,” ujar mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini.

Ketua Umum PPAD ini juga mengajak anggota Hipakad untuk menciptakan peluang, akses dan kesempatan kerja.

Doni pun berpesan agar seluruh anggota Hipakad mengutamakan kerja nyata, jangan terbelenggu pada slogan yang hanya membelenggu kaki dan tangan sendiri.

“Karena itu, buatlah program kerja yang realistis, yang mampu diselesaikan dalam tiga fase atau waktu: jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Saat ini, kalau kita mengambil data dari Kemnaker, ada sekitar 6 juta warga negara yang belum mendapatkan pekerjaan karena PHK tahun 2020. Hipakad dengan seluruh komponen bangsa di bawah TNI haruslah mencari ruang dan apa yang bisa kita lakukan untuk membantu menciptakan lapangan kerja,” jelas Doni.

Doni bercerita pada tahun 1991, dirinya menyimak Pidato Presiden Korea Selatan, yang mengatakan bahwa pahlawan di masa depan adalah mereka yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

“Dengan kehilangan pekerjaan, maka seseorang akan kehilangan akses pada pangan berkualitas, pada pendidikan yang baik, dan akses untuk mendapatkan hidup yang layak. Karena itu, jika kita ingin melakukan sesuatu bagi masyarakat bisa kita lakukan berkelompok untuk mengembangkan potensi yang ada, baik pertanian, perikanan, perkebunan. Dan bagaimana tadi Pak LBP juga sudah menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi pertambangan yang bisa memengaruhi dunia,” ujarnya.

Mumpuni Pimpin Hipakad

Pada bagian lain, figur Hariara Tambunan memang dianggap paling mumpuni memimpin Hipakad sejak dia dirikan bersama tokoh-tokoh putera-puteri TNI AD.

Hariara Tambunan adalah contoh kader Hipakad yang tangguh.

Di tangan anak Jenderal yang juga pengusaha sukses ini dalam kurun waktu 5 tahun periode pertama memimpin Hipakad, hal yang paling prinsip bagi Hipakad adalah memiliki aspek legalitas yang jelas.

Salah satunya Hipakad secara resmi menjadi organisasi KBT TNI di bawah pembinaan Panglima TNI dan KBT TNI-AD dibawah pembinaan Kasad.

Selama 5 Tahun telah berhasil mengibarkan Panji Hipakad dengan membentuk dan membangun 34 DPD Hipakad se-Indonesia.

Dengan tantangan di tengah Pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, Hipakad mampu dan cepat beradaptasi menyesuaikan perubahan hingga bisa berkontribusi untuk bangsa dan negara.

Periode pertamanya saat Covid-19, bersama TNI dan TNI AD turut membantu pelaksanaan vaksinasi di seluruh Indonesia dan bakti sosial.

Selain itu juga telah terbentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dan Koperasi serta mendorong UMKM khususnya bagi anggota Hipakad agar menjadi penggiat ekonomi yang mandiri melalui program pembinaan dan pelatihan.

Selain itu juga telah disiapkan digital platform yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh anggota Hipakad khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Juga mengikuti kegiatan Komunikasi Sosial Keluarga Besar Tentara (Komsos KBT TNI) dan TNI AD di semua wilayah.

Selain selama ini atas peran Hariara Tambunan, Pengurus dan Anggota Hipakad selalu mengikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan.

Hariara adalah sosok pimpinan yang sabar namun memiliki prinsip yang tegas. Berani karena benar, penuh semangat, berani melangkah dan terukur.

“Belum ada figur yang bisa menandingi beliau, minimal satu periode lagi ke depan. Ketum Hariara Tambunan sangat pas dan tepat memimpin serta membawa kemajuan Hipakad sebagai organisasi yang disegani dan dihormati,” ujar Ketua DPD Hipakad Jawa Barat Barli Iskandar usai Munas Hipakad di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Sinergi Dengan Pemerintah

Ketua Umum Hariara Tambunan menegaskan bahwa Hipakad ini adalah organisasi yang mengutamakan kebersamaan, menyatu, memperkuat dan menjaga konsolidasi anak-anak TNI Angkatan Darat.

“Hipakad secara nasional telah dijalankan selama lima tahun, 2017 hingga 2022. Sesuai dengan AD/ART maka Munas ini juga telah diselenggarakan secara lancar dan sukses. Munas ini juga menjadi ujung dari masa kerja saya. Dan hasil Munas Hipakad yang memilih saya secara aklamasi akan saya jadikan pegangan dan pedoman secara profesional dan bertanggung jawab memimpin Hipakad lebih maju lagi,” ucap Hariara.

Ketua Umum terpilih Hariara Tambunan menjelaskan, dirinya sangat berterima kasih telah kembali dipercaya memimpin organisasi ini. Sebagai Ketum, politisi Golkar ini berjanji akan memimpin dan membawa organisasi untuk terus bersinergi dengan pemerintah. Selalu dan terus mengawal serta mengamankan program-program pemerintah.

Hariara juga berkomitmen Hipakad dapat terus bersinergi dengan PPAD, Mabes TNI, Mabes TNI AD dan pemerintah yang sah.

“Kita saling mendukung dan kita hindari hoaks-hoaks yang menyudutkan pemerintah. Tujuan Hipakad adalah untuk mencapai stabilitas keamanan Indonesia. Ini penting dan strategis untuk disampaikan kepada seluruh teman-teman Hipakad di seluruh daerah,” pungkasnya. (rls)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Harus Baca
- Advertisement -spot_img
Artikel terkait
- Advertisement -spot_img