- Advertisement -spot_img
BerandaEKONOMITelkom Bawa UKM Binaan Ikuti China-ASEAN Expo

Telkom Bawa UKM Binaan Ikuti China-ASEAN Expo

- Advertisement -spot_img

Keterangan foto: Manager Digitalisasi & Monetasi UMK Telkom, Achmad Retno Syafarie (kiri) bersama pengunjung yang membeli produk batik bag dari Soko Craft Pekalongan dalam gelaran China-ASEAN Expo di Nanning International Convention and Exhibition Center (NICE), yang berlokasi di kota Nanning, Guangxi, China beberapa waktu lalu. Soko Craft Pekalongan menjadi salah satu dari tiga UMK unggulan binaan Telkom yang turut hadir dalam gelaran tersebut. (foto Telkom)

Jakarta  – Sebagai wujud komitmen PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dalam mendukung UMKM Go Global, Telkom membawa tiga produk usaha mikro kecil (UMK) binaannya pada kegiatan China-ASEAN Expo di Nanning International Convention and Exhibition Center (NICE), yang berlokasi di kota Nanning, Guangxi, China beberapa waktu lalu. 

Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, serta Menteri BUMN Erick Thohir yang berkesempatan memberikan pesan mengenai penguatan komitmen Kementerian BUMN untuk membawa UMKM menembus pasar global.

Acara China-ASEAN Expo ini merupakan pameran hasil kesepakatan pada KTT China ASEAN ke-7 di bulan Oktober 2003 yang turut menjadi wadah kerja sama antara China dan negara-negara di ASEAN dalam bidang perdagangan, investasi, dan juga wisata. 

Bersanding dengan belasan pelaku UMK se-Indonesia, Telkom menampilkan sejumlah UMK unggulan binaannya yaitu ROTB Bali, Radalexo Bali, serta Soko Craft dari Pekalongan.

Melalui kegiatan ini, Telkom berupaya menyediakan wadah bagi para UKM binaannya untuk mulai mengenal wilayah pengembangan usaha yang lebih luas dan menjanjikan bagi masa depan UKM yang disambut baik oleh para pelaku usaha, salah satunya UKM Radalexo.

“Semoga ke depannya kami bisa ikut serta kembali dalam pameran-pameran UKM lainnya baik di dalam maupun luar negeri. Pameran seperti ini menurut saya sangat bagus selain mengenalkan produk UKM lokal tapi juga menambah semangat bagi para pelaku UKM untuk bekerja, berkreatifitas, serta berkompetisi dengan pelaku UKM lain,” ujar Pemilik UKM Radalexo, Ni Putu Radhani Sanjigandewi.

Dukungan Telkom ini merupakan salah satu wujud komitmen untuk mencapai tujuan SDGs poin 8 yang memastikan mata pencaharian dan pertumbuhan ekonomi yang baik salah satunya dengan meningkatkan level UMKM di Indonesia dengan kegiatan ekspor produk ke luar negeri. 

Hal ini sekaligus bentuk kepedulian Telkom dalam membangun kemajuan UMKM untuk bisa mencapai kancah global. 

Selain itu, Telkom turut memberikan pembinaan berupa edukasi mengenai pentingnya memahami digitalisasi sebagai langkah awal para pelaku usaha beradaptasi dengan perkembangan globalisasi yang terus berlangsung hingga saat ini. 

Telkom juga memberikan upaya lainnya berupa pengadaan sertifikasi bagi para pelaku usaha hingga pembekalan setiap pelaku UMKM untuk dapat berkembang luas ke kancah global.

“Sejalan dengan fokus Telkom yang menyasar segmen B2B, Telkom senantiasa mendukung UKM Indonesia untuk masuk ke kancah global dan memperluas pasarnya guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Diharapkan melalui keikutsertaan UKM binaan Telkom di acara ini, dapat menjadi motivasi bagi para pelaku UKM untuk terus berkembang maju,” tutup SGM Community Development Center Telkom, Hery Susanto. (rls)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Harus Baca
- Advertisement -spot_img
Artikel terkait
- Advertisement -spot_img