Tangsel Gudangnya Hamalatul Qur’an

Indoposnewsid_Asisten Daerah Satu Kota Tangsel H. Chairudin membuka Orientasi Dewan Hakim Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XV Tingkat Kota Tangsel. Berlangsung di Hotel Sahid, Serpong Kota Tangsel, Kamis (22/2).

Kepala Kemenag Kota Tangsel KH Dedi Mahfudin menyampaikan dewan hakim satu sosok yang menentukan penilaian. Dewan hakim bukan unsur pelengkap dalam setiap penyelenggaraan MTQ.

“Penyelenggaraan MTQ bukan mementingkan hasilnya. Siapa yang menjadi juara harus memperhatikan prosesnya,” ujarnya.

Selain itu, keberadaan perguruan tinggi di Kota Tangerang Selatan menjadikannya sebagai gudang hamalatul (pecinta) qur’an.

Ketua Harian LPTQ Tangsel Sobron Zayyan mengatakan para dosen di beberapa perguruan tinggi menjadi berkah bagi Tangsel yang terkenal dengan moto “cerdas, modern dan religius”.

“Hari ini kita menyaksikan para hamalatul quran di Tangsel bisa meluangkan waktu untuk mengikuti orientasi dewan hakim,” ungkapnya.

Pimpinan Ponpes Al Quraniyah ini bersyukur atas kehadiran, meski para calon dewan hakim yamg telah berpengalaman di pentas MTQ dari tingkat kabupaten dan atau kota sampai internasional.

“Sebagai syarat dari pelaksanaan MTQ, kita harus tetap melaksanakan orientasi ini. Tapi nanti disesuaikan saja waktunya, lawong sudah pada ahli semuanya,” jelasnya.

Dia meminta para calon dewan hakim MTQ ke-15 Tangsel yang akan dilantik pada Sabtu (24/2) untuk mengikuti semua tahapan pelaksanaan.

“Kami tetap menjalankan ketentuan. Semua harus hadir dalam pelaksanaan MTQ, ada sebagian yang sedang umroh tetap kami carikan gantinya,” ucapnya.

Dari komposisi calon dewan hakim, dia meyakini akan menghasilkan kualitas perlombaan yang pada gilirannya utusan Tangsel akan memperkuat kafilah Banten pada MTQ Nasional 2024.

“Upaya kita dalam melaksanakan MTQ ini bertujuan untuk memperkuat kepesertaan Kafilah Tangsel di pentas selanjutnya,,” ungkapnya. (din).