Studi di Luar Negeri, IISMA Entrepreneur Perkuat Keterampilan Wirausaha Mahasiswa

Indoposnewsid_Indonesian International International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan salah satu program flagship Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi terbaik dunia.

Selain belajar, mahasiswa diharapkan dapat bekerja sama dengan mahasiswa lain atau ahli di perguruantinggi luar negeri sesuai dengan pilihannya.

Pada tahun 2024 ini, IISMA menghadirkan skema pendanaan reguler, afirmasi, dan co-funding.Pendaftaran skema reguler dan afirmasi telah ditutup dan berhasil menjaring 10.563 pendaftar.

Sementara, skema co-funding memberikan kesempatan belajar di luar negeri dengan pendanaanparsial antara mahasiswa dengan pemerintah. Skema terbaru, yakni IISMA-Entrepreneur atauIISMA-E, bertujuan mendukung mahasiswa Indonesia dalam mengeksplorasi keterampilan kewirausahaan dengan mendanai studi mereka di universitas ternama luar negeri.

Acara Grand Launching Program IISMA Entrepreneur (IISMA-E) sudah digelar secara daring pada Selasa (30/4) lalu.
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi,Abdul Haris menyatakan, pengetahuan di bidang kewirausahaan merupakan salah satu cara untuk menghasilkan lulusan yang mandiri. Tidak bergantung pada ketersediaan lapangan kerja.

“Ini adalah kesempatan luar biasa yang harus manfaatkan seoptimal mungkin,” kata Abdul Haris.

Sementara, Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya memaparkan maksud dan tujuan diadakannya IISMA-E. Pada program reguler, mahasiswa diharapkan memiliki prestasi akademik dan kemampuan bahasa Inggris yang setinggi-tingginya. Sehingga bisa belajar dikampus-kampus terbaik dunia. Pada IISMA-E, tujuannya adalah menyiapkan para entrepreneur muda.

Manajer Bidang Administrasi danUmum IISMA, Andi Rahadiyan Wijaya, menyampaikan informasi tentang pembukaan pendaftaran, persyaratan, ketentuan dokumen, dan alur proses seleksi mahasiswa.

Andi juga menyampaikan bahwa mahasiswa peserta IISMA-E nantinya diharapkan untuk menguasai kompetensi di bidang ideation, business model, marketing, negotiation, raising resources,managing growth, power pitching, dan entrepreneurial leadership.
Mahasiswa yang terpilih menjadi awardee IISMA-E akan mendapat kesempatan belajar diuniversitas mitra luar negeri selama 6-7 minggu.

Beberapa universitas mitra IISMA-E adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang merupakan kampus nomor satu di dunia saatini, juga kampus-kampus nomor satu di negara tujuan seperti Lund University di Swedia danAalto University di Finlandia.

Selama program berlangsung, awardee IISMA-E dapat menimba ilmu. Merasakan budaya lokal, mengembangkan keterampilan kewirausahaan dengan melihat praktek-praktek wirausaha diluar negeri.

Kemudian, setelah kembali ke Indonesia, awardee akan mengikuti programchallenge untuk mengimplementasikan ide-ide kewirausahaan yang sudah dipelajari.

Acara Grand Launching IISMA Entrepreneur ini dihadiri Kepala Lembaga Layanan PendidikanTinggi (LLDikti), pimpinan Perguruan Tinggi dan Kantor Urusan Internasional di bawahKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Skema IISMA Entrepreneur terbuka untuk mahasiswa program Sarjana (S1) maupun SarjanaTerapan (D4) yang minimal sudah berada di semester 6 saat periode pendaftaran. Pendaftaranakan dibuka pada minggu kedua hingga ketiga Mei, tepatnya pada 8-17 Mei 2024. Informasilebih lengkap terkait program IISMA tersedia di https://iisma.kemdikbud.go.id/