- Advertisement -spot_img
BerandaNEWSSosialisasikan Tarif Penyeberangan Lintasan Jangkar - Lembar

Sosialisasikan Tarif Penyeberangan Lintasan Jangkar – Lembar

- Advertisement -spot_img

foto ist

 

indoposnews.id – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bersama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melakukan sosialisasi tarif penyeberangan lintas Jangkar – Lembar menyusul rencana pengoperasian lintasan ferry jarak jauh yang baru tersebut pada Senin (13/6).

Pelabuhan Jangkar terletak di Desa Jangkar, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pelabuhan ini sebagai pelabuhan utama lintas penyeberangan regional (dalam Provinsi) yang memiliki beberapa tujuan ke Kabupaten Sumenep.

Pelabuhan Jangkar memiliki 1 unit dermaga ferry mooring dolphin 5000 GT, parkir siap muat kendaraan kapasitas sekitar 300 unit kendaraan, terminal penumpang berukuran 460 m2 yang mampu menampung sekitar 500 orang, dan kapasitas parkir pengantar/penjemput sekitar 100 unit kendaraan.

Adapun lintasan eksisting yang dilayani Pelabuhan Jangkar, yakni Jangkar – Kangean 88 mil, Jangkar – Kalianget 45 mil, dan Jangkar – Raas 82 mil.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap pelaksanaan sosialisasi KM 85 Tahun 2022 dan KM 88 Tahun 2022 pada lintas Penyeberangan Jangkar-Lembar sebagai bentuk tindak lanjut rencana pengoperasian lintasan baru layanan ferry jarak jauh dengan rute Jangkar (Situbondo, Jawa Timur) – Lembar (Nusa Tenggara Barat).

“Sosialisasi tarif dan rencana pengoperasian ini sebagai bukti dukungan nyata Pemerintah terhadap komitmen ASDP dalam mengelola operasional Pelabuhan Penyeberangan Jangkar dalam mendukung program Pemerintah untuk terus berperan menjaga konektivitas jalur antarpulau,” jelas Shelvy.

“Sosialisasi ini menjadi tindak lanjut dari MoU ASDP dengan Pemkab Situbondo dalam rencana pengoperasian Pelabuhan Jangkar pada 3 Juni lalu. Harapannya, dapat segera terealisasikan,” imbuhnya.

Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Junaidi yang menyampaikan bahwa dengan kehadiran lintas Jangkar-Lembar dan Jangkar-Kupang akan membantu konektivitas daerah dan menghubungkan Jangkar, Kabupaten Situbondo dengan Lembar, Kabupaten Lombok Barat dan Bolok, Kabupaten Kupang.

Junaidi mengatakan bahwa tujuan dibukanya kedua lintas penyeberangan ini untuk mempermudah distribusi logistik dari Jawa ke Nusa Tenggara dan untuk meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata dan perekonomian di wilayah Situbondo.

“Kedua lintas tersebut diharapkan dapat menjadi alternatif penyeberangan yang dapat mengurangi beban jalan dan kemacetan di daerah Banyuwangi, mengurangi kepadatan arus lalu lintas kendaraan di Pelabuhan Ketapang,” ujarnya. (rls)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Harus Baca
- Advertisement -spot_img
Artikel terkait
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini