Foto ist
indoposnews.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga, luar biasa dalam komitmennya mencintai dan membanggakan produk dalam negeri.
Hal ini dikatakannya saat menjadi pembicara dalam webinar Gercepin Yuk! (Gerakan Cinta Produk Ekspor Produk Indonesia) yang diselenggarakan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) bersama dengan Goorita tengah pekan ini.
Menurut Sandiaga Uno, Jerry total membuktikan kecintaan pada produk dalam negeri dengan langsung menggunakan produk-produk Indonesia khususnya UMKM dalam kesehariannya.
Yang lebih membahagiakan Sandi lagi, sebagian produk-produk itu adalah hasil dari ekonomi kreatif yang tengah menggeliat di Indonesia.
“Misalnya tadi baju Pak Wamen adalah batik dari berbagai daerah di Indonesia, lalu sepatu beliau merupakan desain butik domestik, jam tangan beliau juga merupakan hasil dari kreatifitas anak muda. Jadi hampir semuanya merupakan hasil ekonomi kreatif,” jelas Sandiaga.
Baca Juga: Ariel NOAH Tak Terlibat Kasus Penipuan Rp 1,1 M oleh David NOAH
Kedua pejabat negara tersebut didaulat menjadi narasumber utama dalam seminar yang juga dihadiri oleh Ketua Umum Hipmi Mardani Maming.
Wamendag Jerry yang diamanahi oleh Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan ekspor mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mengembangkan akses pasar dan meningkatkan fasilitasi perdagangan berorientasi ekspor. Menurutnya langkah ini dimaksudkan sebagai pendukung bagi semua stake holder yang berfokus pada produksi.
“Misalnya dengan Kemenparekraf yang dipimpin Pak sandi, kami berusaha memfasilitasi perdagangan produk-produk kreatif. Bukan hanya yang bersifat kerajinan, kriya dan lain-lain, tetapi juga yang berbasis teknologi. Kami ingin kerja sama kami bisa mewujudkan Indonesia sebagai pengekspor produk digital utama,” ujar Wamendag.
Baik Sandi maupun Jerry sepakat bahwa produk kreatif, khususnya yang berbasis digital, mempunyai potensi yang luar biasa. Jika ini digarap serius, maka kontribusi bagi perkonomian nasional akan sangat besar.
Jerry mencontohkan bagaimana ekonomi digital di Korea dan Jepang punya kontribusi penting dalam ekspor dan ekonomi kedua negara itu secara keseluruhan.
Wamendag optimis potensi produk digital, khususnya yang diproduksi oleh anak muda sangat besar. Menurutnya ia sudah berjalan ke berbagai daerah dan banyak anak muda membuat studio atau bahkan punya komunitas untuk mengembangkan game, aplikasi dan lain-lain.
Kementerian Perdagangan akan terus memantau hasil produksi mereka agar ada kerangka dan mekanisme untuk pendukungan dari sektor perdagangan.
“Yang sangat penting dalam perdagangan produk kreatif dan digital adalah bagaimana data, pengemasan, pemasaran dan tentu saja integrasi dalam sektor pembayaran. Karena itu kami berharap semua stakeholder terkait bisa bersinergi membangun sistem yang integrative tersebut,” jelas Jerry ketika dihubungi seusai acara.
Secara keseluruhan ekspor Indonesia menunjukkan kinerja yang cukup baik dari bulan ke bulan meskipun didera pandemi. Kinerja perdagangan luar negeri terus mengalami surplus dan menjadi salah satu penopang pencapaian pertumbuhan ekonomi lebih dari 7% pada kuartal kedua tahun ini.
“Bukan hanya perdagangan luar negeri, perdagangan dalam negeri kami harap juga akan terus berkontribusi bagi pemulihan ekonomi Indonesia,” ujar Jerry. (rls)