Ruud Kalahkan Djokovic di Monte-Carlo

Indoposnewsid_Casper Ruud meraih kemenangan terbesar dalam karirnya berdasarkan PIF ATP Ranking di Rolex Monte-Carlo Masters, Sabtu (13/4).

Dia mengalahkan peringkat 1 Dunia Novak Djokovic 6-4, 1-6, 6-4 untuk mencapai final ATP Masters 1000 keduanya dan yang pertama sejak tahun 2022.

Petenis Norwegia itu tidak pernah memenangkan satu set pun dari Djokovic dalam lima pertemuan Lexus ATP Head2Head sebelumnya. Tapi ia bermain hampir dalam performa terbaiknya melawan unggulan teratas untuk melaju ke final ketiganya musim ini.

“Saya sangat senang. Ini adalah hari yang akan saya ingat untuk waktu yang lama. Mengalahkan petenis peringkat 1 dunia adalah sesuatu yang belum pernah saya lakukan dan mengalahkan Novak adalah sesuatu yang belum pernah saya lakukan. Saya sangat, sangat bahagia. Saya sedikit dalam keadaan sehat,” kata Ruud.

Ruud mengayunkan pukulannya dengan bebas sepanjang pertandingan yang berdurasi dua jam 17 menit itu, mencetak 23 pukulan pemenang untuk mengalahkan pemain Serbia itu. Yang kesulitan menemukan tingkat konsistensi seperti biasanya di Lapangan Rainier III.

Pemain berusia 25 tahun, yang memegang rekor 0-11 melawan pemain 3 Teratas sebelum kemenangan. Ia adalah orang Norwegia pertama yang mengalahkan peringkat 1 Dunia dalam sejarah PIF ATP Rankings (sejak 1973).

Ruud telah memenangkan sembilan dari 10 gelar tingkat turnya di lapangan tanah liat tetapi belum pernah meraih kemenangan di atas level ATP 250.

Ia juga telah mencapai tiga final Grand Slam, serta perebutan gelar di Final Nitto ATP 2022. Pada final ATP Masters 1000 keduanya (Miami 2022), Ruud akan bertemu Stefanos Tsitsipas pada hari Minggu di Monte-Carlo.