- Advertisement -spot_img
BerandaNEWSRelawan Gotong Royong Bantu Warga Terdampak Banjir Kabupaten Garut

Relawan Gotong Royong Bantu Warga Terdampak Banjir Kabupaten Garut

- Advertisement -spot_img

INDOPOS-Banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Garut pada Kamis (22/9) yang lalu berdampak pada sekitar 1200 KK. Peristiwa tersebut terjadi setelah hujan deras yang mengakibatkan luapan air Sungai Cipelabuh dan Cikaso. Tidak lama setelah kejadian tersebut, beberapa tanggul rusak sehingga luapan air sungai masuk ke pemukiman warga.

Merespon kejadian tersebut, sejak Senin (26/9), Human Initiative (HI) bersama tim relawan membantu warga terdampak melalui kegiatan giat bersih, distribusi selimut bayi, layanan dapur air serta layanan psikososial untuk anak-anak. Kegiatan tersebut berlangsung di Kampung Leuwi Simar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

Indra Budi Legowo, Kepala Cabang Human Initiative Jawa Barat menyampaikan kegiatan HI untuk membantu warga terdampak.

“InsyaAllah kami bersama para relawan lainnya bergotong royong membantu warga terdampak di sini. Alhamdulillah beberapa layanan seperti dapur air dan psikososial telah berjalan, mudah-mudahan ini semua dapat terus memberikan manfaat untuk warga terdampak,” ujar Indra.

Untuk kegiatan Giat Bersih, para relawan HI bergotong royong bersama Damkar dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) membersihkan akses jalan dan pemukiman warga dari lumpur akibat banjir. Di saat yang bersamaan, para relawan juga membagikan selimut anak sebagai bantuan untuk kelompok rentan. Layanan dapur air dan bantuan psikososial juga membantu warga setempat, khususnya anak-anak dalam melewati masa-masa pemulihan pasca bencana banjir.

“Terima kasih untuk pihak-pihak yang telah membantu warga di sini. Terutama untuk para relawan, Human Initiative dan para Donatur, semoga Allah ganti dengan keberkahan,” ujar Irma*, salah satu warga Leuwi Simar. (bwo)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Harus Baca
- Advertisement -spot_img
Artikel terkait
- Advertisement -spot_img