- Advertisement -spot_img
BerandaNEWSPLN dan Pemda Riau Gelar Konvoi Kendaraan Listrik

PLN dan Pemda Riau Gelar Konvoi Kendaraan Listrik

- Advertisement -spot_img

foto ist 

indoposnews.id – PT PLN (Persero) bersama Pemerintah Provinsi Riau dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau menggelar konvoi kendaraan listrik di jalanan Kota Pekanbaru.

foto ist

Konvoi ini merupakan bagian dari kampanye transisi energi bersih, di mana dalam konvoi ini diramaikan 60 motor dan 4 mobil listrik.

Gubernur Riau Syamsuar memberikan apresiasi ke PLN atas terselenggaranya kampanye transisi energi. Menurutnya, kegiatan ini mendukung program nasional dan Riau Hijau.

“Terima kasih kepada PLN, konvoi motor listrik ini sebagai promosi akan kendaraan listrik yang ramah lingkungan juga mendukung program nasional dan Riau Hijau,” ujarnya, Selasa (13/9/2022).

Syamsuar menyampaikan penggunaan kendaraan listrik yang tanpa polusi udara dan suara dapat menurunkan biaya operasional dari penggunaan kendaraan berbahan bakar BBM.

“Kami mengajak masyarakat untuk mengubah perilaku ditengah harga BBM yang semakin meningkat sekaligus pelestarian lingkungan sesuai dengan program Riau Hijau,” kata Syamsuar.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Agung Murdifi mengungkapkan bahwa konversi motor BBM ke motor listrik merupakan salah satu solusi dari penurunan biaya subsidi dan dekarbonisasi.

“Mobil BBM dengan jarak tempuh 10 kilometer (km) yang menghabiskan 1 liter BBM dapat menghasilkan 2,6 kilogram (kg) CO2, sedangkan mobil listrik dengan jarak sama hanya menghabiskan 1,5 kWh yang menghasilkan 1,27 kg CO2,” ungkap Agung.

Selain itu, penggunaan kendaraan listrik ini mendorong peralihan dari energi impor menjadi energi listrik. Agung melanjutkan, PLN turut berupaya mendorong penggunaan kendaraan listrik dengan pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

“Kami telah menyediakan 2 SPKLU (stasiun pengisian kendaraan listrik umum) di Kota Pekanbaru dan akan segera menambah SPKLU lagi di Kota Dumai,” tambah Agung.

Di samping itu, PLN menawarkan program layanan Electric Vehicle (EV) Home Charging Services dan Super EVeryday yang diperuntukkan bagi pemilik kendaraan listrik.

“Lewat program ini, pelanggan mendapat manfaat berupa diskon 30 persen untuk pengisian daya kendaraan listrik dari pukul 22.00 hingga 05.00, diskon tambah daya hingga penyambungan baru,” pungkasnya. (rls)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Harus Baca
- Advertisement -spot_img
Artikel terkait
- Advertisement -spot_img