Peringatan 200 Tahun Komposer Anton Bruckner, Rayakan 70 Tahun Persahabatan Indonesia – Austria

Indoposnewsid_Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Kedutaan Besar Austria di Jakarta bekerja sama dengan Jakarta Concert Orchestra merayakan Peringatan 70 Tahun Persahabatan Indonesia-Austria dengan pergelaran konser Symphonie der Freundschaft atau Simfoni Persahabatan. Salah satu karya Anton Bruckner menjadi musik pembuka dalam konser yang digelar di Jakarta Concert Hall, Kebon Sirih, Jakarta Pusat Rabu (8/5).

Penyelenggaraan konser bersama ini merupakan salah satu highlight dari rangkaian program kolaboratif kedua negara. Dalam rangka perayaan hubungan diplomatik yang telah terjalin sejak 1954.

Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri Widya Sadnovic menyampaikan bahwa konser Symphonie der Freundschaft sejalan dengan upaya Indonesia untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Austria melalui jalur diplomasi budaya.

“Kami berharap dapat terus menggali potensi kerja sama di berbagai bidang, seperti pendidikan, seni, dan budaya, pertukaran pelajar dan seniman, serta pameran seni bersama.Pemerintah Republik Indonesia menyambut baik penyelenggaraan konser persahabatan untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik dengan Republik Austria,”katanya.

Selain itu acara menampilkan Jakarta Concert Orchestra bersama dengan Batavia Madrigal Singers serta bintang tamu pemain biola asal Australia, Julian Walder. Pagelaran di bawah pimpinan Avip Priatna ini menjadi cerminan apresiasi terhadap warisan budaya kedua negara.Penampilan ini juga akan menjadi pre-tour Resonanz Orchestra ke Wina dan Salzburg pada Oktober 2024.

“Music, much like diplomacy, is a universal language… connecting the hearts and souls of our two countries” ungkap Plh. Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Ourina Ritonga.

Sementara Direktur Musik Jakarta Concert Orchestra Avip Priatna mengatakan konser iy juga srbagi peringatan 200 tahun kelahiran komposer asal Austria Anton Bruckner bertajuk Symphonie der Freundschaft.

“Kami menampilkan salah satu karyanya yaitu Overture atau musik pembuka,” kata Avip

Anton Bruckner merupakan sosok komposer dunia yang cukup berpengaruh dalam perjalanan musik simfoni pada abad 19.

Konser itu juga menampilkan musik klasik karya Erich Wolfgang Korngold, komposer dan konduktor dari Austria.Korngold memiliki pengaruh yang juga mewarnai musik-musik pop yang ada saat ini.

Korngold juga dikenal sebagai komposer musik film yang sukses, menggabungkan gaya Hollywood-nya yang dramatis dengan orkestrasi yang indah.
Musik klasik karya Korngold dibawakan oleh pemain violin Julian Walder asal Austria.