Layanan Admonistrasi Hukum Umum Hadir di Mal Pelayanan Publik Tangsel

Masyarakat di wilayah Tangerang Raya dapat menikmati kemudahan layanan Administrasi Hukum Umum (AHU) secara langsung, cepat, dan dekat.

Dengan peluncuran perdana layanan AHU secara serentak di tiga titik strategis di Provinsi Banten, yakni di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Tangerang, MPP Kota Tangerang Selatan, dan Gerai Pelayanan Publik Kabupaten Tangerang, pada Rabu (6/8/2025).

Peluncuran ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan layanan AHU yang terintegrasi dan memudahkan akses layanan hukum bagi masyarakat, khususnya dalam hal legalisasi apostille, fidusia, badan hukum, hingga kewarganegaraan.

“Diharapkan, masyarakat dapat semakin mudah memperoleh layanan hukum tanpa harus datang ke ibu kota provinsi,” ujar Sekretaris Ditjen AHU Hantor Situmorang.

Tak hanya itu, peluncuran ini juga menjadi rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhakti Kementerian Hukum ke-80 tahun 2025. Sebagai perwujudan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menghadirkan pelayanan hukum yang lebih inklusif dan efisien.

Layanan Administrasi Hukum Umum Hadir di MPP Tangsel, Benyamin: Beri Kemudahan Bagi Masyarakat.

Selain itu hadirnya pelayanan AHU disebut Wali Kota (Tangsel) Benyamin Davnie akan mempermudah bagi masyarakat untuk berkonsultasi maupun kepengurusan perizinan yang berkaitan dengan administrasi hukum umum.

“Kami juga membuka masukan-masukan di bawah apabila ada hal-hal yang perlu diperbaiki maupun disempurnakan,” kata Benyamin.

Benyamin menyebut pelayanan di MPP Tangsel saat ini telah tersedia 18 instansi vertikal dengan total 75 pelayanan kepada masyarakat. Bahkan, di tahun 2024 MPP Tangsel telah dikunjungi sebanyak 45 ribu lebih masyarakat.

“MPP ini sudah berdiri sejak 2021 lalu, jadi sudah 4 tahun beroperasi di Tangerang Selatan,” terangnya.

Perizinan yang dimaksud tentunya berkaitan dengan administrasi hukum umum. Diantaranya, hukum keperdataan, maupun aspek badan usaha, kewarganegaraan, legalisasi apostille, dan layanan-layanan administrasi yang berbasis teknologi.

“Jadi semua ada 144 layanan. Layanan kita berbasis online, tentu akan semakin mudah masyarakat mengakses kami, semakin mudah masyarakat berkonsultasi dan bertemu kami,” katanya.

 

 

mgid.com, 893675, DIRECT, d4c29acad76ce94f