- Advertisement -spot_img
BerandaOLAHRAGAKetua KOI Raja Sapta Oktohari Dukung Wushu Masuk Olimpiade

Ketua KOI Raja Sapta Oktohari Dukung Wushu Masuk Olimpiade

- Advertisement -spot_img

 

foto:ist

Menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan dunia Wushu Junior VIII/2022 di ICE BSD Kabupaten Tangerang membuktikan prestasi Indonesia dimata dunia. Acara yang dibuka Presiden Joko Widodo Senin malam (5/11) itu menjadi langkah bagi Indonesia untuk mendukung wushu menuju Olimpade.

Menurut Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari pihaknya sangat mendukung kegiatan kejuaraan internasional tersebut. Tentunya sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yang mendorong kegiatan olah raga internasional dilakukan di Indonesia.

“Sesuai arahan presiden yang ingin Indonesia menjadi tuan rumah kejuaran olah raga tingkat internasional. Kami berusaha mendukung agar semua kegiatan olah raga dunia bisa berlajan lancar,”kata Sapta.

Dengan sering menggelar kejuaraan dunia di Indonesia maka akan turut mendongkrak perekonomian. Khususnya disektor ekonomi kreatif yang bisa membantu pemerintah memulihkan ekonomi pasca pandemi covid 19.

“Dampaknya akan lebih besar dari pada kita harus mengirim atlet mengikuti kejuaraan di luar negeri. Kami akan terus mendorong agar Indonesia lebih tersohor dan dikenal dunia berkat prestasi bidang olah raganya,”terangnya.

Wushu masuk dalam Desain Besar Olah Raga Nasional (DBON).  Hal itu disiapkan untuk wushu agar bisa masuk dalam pentas Olimpade. Melihat peluang itu tentunya persiapan matang tidak hanya dilakukan membina atlet tetapi juga berbagai fasilitas pendukung.

Dijelaskannya, Komite Olimpiade Internasional (IOC) akan menyiapkan para ahli mendampingi Indonesia yang mencalonkan jadi tuan rumah Olimpiade 2036.Untuk persiapan itu pencalonan tuan rumah Olimpade 2036 harus dilakuan dengan matang seeprti pembangunan olympic facility. Pihaknya akan melibatkan IOC untuk mendukung Indonesia jadi tuan rumah Olimpade.

“Dalam ajang Olimpade itu banyak sponsornya dari negara Asia. Jadi wajar jika mereka menaruh perhatian dengan cabang olah raga dari Asia,”terangnya.

Untuk capaian itu kata Okto, agar dukungan semua pihak saling membantu. Khususnya atlet yang ingin menjadi juara dunia. Tidak hanya sekedar jadi atlet tetapi punya target tujuan yang matang dan serius.

“Saya biasa melihat potensi atlet. Jadi saya tahu mana atlet yang berpotensi sebagai juara dunia. Atau hanya menjadi atlet saja. Tingkat disiplinnya harus tinggi apa lagi atlet itu untuk level Olimpade. Pemerintah sangat peduli olah raga karena presidennya suka olah raga,”ucapnya.(yer)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Harus Baca
- Advertisement -spot_img
Artikel terkait
- Advertisement -spot_img