Jelang SEABA di Thailand, Timnas U 18 Jalani Uji Coba

Indoposnewsid_Timnas Basket Putri U-18 sudah sepekan menggelar latihan di training center (TC) yang berlangsung di Bali. TC sejak 25 Maret ini diikuti 18 pemain putri yang merupakan hasil seleksi pemain dari seluruh Indonesia yang berlangsung pada 22-24 Maret 2024.

Menurut Manajer Timnas Putri U-18 Dedy Setiawan, saat ini para pemain sedang melakukan penyesuaian dengan sistem yang dikembangkan oleh pelatih. Timnas ini diarsiteki oleh Coach Bambang Asdianto Pribadi.

“Para pemain mulai belajar adjust ke sistem yang diterapkan pelatih. Untuk mengetahui progres pemain, kami juga sudah agendakan beberapa laga uji coba,” kata Dedy dalam keterangannya.

Lanjut Dedy, rencananya sepanjang persiapan Timnas Basket Putri U-18 diagendakan mengadakan tiga kali uji coba. Uji coba pertama telah dilakukan awal pekan ini.

Uji coba dilaksanakan di GOR Merpati Bali dengan melawan tim lokal, Southernwolves U-16 Putra. Duel ini dimenangkan Timnas Basket Putri U-18 dengan margin tipis, 62-60.Rencananya akan ada dua uji coba lagi jadi nanti total tiga uji coba selama TC di Bali ini.

Dari evaluasi tim pelatih, kata Dedy, para pemain masih belum sempurna dalam hal defense. Mereka kurang cekatan dalam menutup pergerakan lawan sehingga mudah berada dalam tekanan.

“Untuk defense, anak-anak masih kurang cepat. Harus mau work early sebelum lawan kuasai bola. Sementara saat offense, para pemain masih banyak yang belum berani bermain lepas. Mereka belum berani mengambil peran saat berada di lapangan,” lanjutnya.

Kata Dedy, kelemahan yang masih terlihat ini tampak dalam possesion team percentage tim yang masih di bawah 40%.

“Pada TC tahap pertama ini kami ingin mencari pemain-pemain yang sanggup beradu di level Asia dan yang bisa adjust dengan sistem pelatih,” ucapnya.

Timnas Basket Putri U-18 disiapkan PP PERBASI untuk menghadapi kejuaraan di tahun ini. Pada 24-26 Mei 2024, tim ini akan bersiang di SEABA U-18 Thailand.
Kemudian pada 24 hingga 30 Juni 2024, Timnas Basket Putri U-18 akan bersaing di FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024 – Division A. Ajang ini berlangsung di Senzhen, China.

Awal mula pembentukan tim ini dilakukan melalui seleksi nasional pada 22-24 Maret 2024. Sebanyak 54 pemain diseleksi di GOR Merpati Bali.

Para pemain seleksi merupakan pemain hasil scouting di berbagai kejuaraan yang telah berlangsung. Kemudian ditambah pemain rekomendasi Pengurus Provinsi PERBASI dari seluruh Indonesia.
Komposisi pemain dalam TC ini masih bisa berubah sewaktu waktu karena TC berlakukan promosi dan degradasi. Apalagi Timnas juga masih membuka pintu bagi 6 pemain potensial yang sedang kuliah di luar negeri untuk ramaikan seleksi.

TC tahap pertama akan berakhir hingga 7 April 2024. Mereka kemudian akan kembali TC usai Lebaran 2024.