Gandeng Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia, Sudis KPKP Jakbar Sebar Petugas Cek Pemotongan Hewan Kurban

Indoposnewsid_Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudis KPKP) Jakbar, Dinas KPKP DKI, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menyebar 117 petugas.

Para petugas itu disebar di delapan kecamatan untuk melakukan postmortem di lokasi pemotongan hewan kurban.

Kasudin KPKP Jakarta Barat, Novy C Palit mengatakan pada moment Idul adha ini pihaknya mengerahkan petugas gabungan untuk memantau lokasi pemotongan hewan kurban masyarakat di wilayah Jakarta Barat.

“Jakarta Barat hari ini disebar sebanyak 117 petugas gabungan untuk melakukan postmortem di lokasi lokasi pemotongan hewan kurban pada delapan kecamatan,” ujarnya, Senin (17/6).

Dalam kegiatan di lokasi pemotongan, diungkapkan Novy, petugas akan melakukan pengecekan pada hewan kurban dari mulai organ tubuh berupa jantung, paru, hati dan limpa, higienis pemotongan dan lain sebagainya untuk memastikan hewan benar benar sehat dan layak dikomsumsi masyarakat.

Dikatakan Novy hingga tanggal 16 Juni sudah dicek pada sebanyak 198 tempat penampungan hewan kurban dengan jumlah 11.035 hewan terdiri dari sapi, kambing dan domba.

“Hasil pengecekan belasan ribu hewan tersebut semua dalam kondisi sehat dan layak untuk jadi hewan kurban dan dikomsumsi masyarakat,” katanya.