- Advertisement -spot_img
BerandaEKONOMIBUMN ID FOOD Group Raih 4 Penghargaan Inovasi

BUMN ID FOOD Group Raih 4 Penghargaan Inovasi

- Advertisement -spot_img

foto ist 

indoposnews.id – BUMN Holding pangan ID FOOD meraih 4 penghargaan inovasi di ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXVI tahun 2022.

Acara tersebut digelar oleh Wahana Kendali Mutu (WKM) bekerja sama dengan Asosiasi Manajemen Mutu & Produktivitas Indonesia (AMMPI) dan didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Itu merupakan perhelatan unjuk kebolehan dan keberhasilan dalam mengelola improvement & inovasi untuk meningkatkan mutu, produktivitas dan kinerja perusahaan.

Dengan berbagai pendekatan dan metodologi dalam sistem manajemen yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan BUMN, BUMD, swasta nasional pada 21 – 25 November 2022, di Lombok, NTB.

“ID FOOD Group raih 3 Gold dan 1 Platinum yang diikuti sekitar 3094 peserta (394 Tim) yang berkompeten di tingkat nasional dalam bidang manajemen mutu dan produktivitas kerja,” jelas Febriyanto, Direktur Pengembangan dan Pengendalian usaha Holding Pangan ID FOOD, Minggu (27/11/2022).

Febriyanto memerinci raihan ID FOOD Group meliputi beberapa sektor yang dikelola ID FOOD Group. Menurutnya, inovasi yang dilakukan ID FOOD group seperti serial Transformers, ada serial inovasi bisa disebut Transfarmer atau Transformation of Farmer.

Serial pertama, melalui karya inovasi ECOB yang menghantarkan anak perusahaan PT PG Rajawali I raih penghargaan gold. Yakni modifikasi implemen traktor pertanian yang memberikan solusi dalam aplikasi bahan organik blotong di lahan tebu khususnya ratoon.

Melalui ECOB, pemanfaatan limbah blotong menjadi lebih efektif dan efisien. Sehingga berdampak pada peningkatan kualitas tanah dan produktivitas tanaman tebu sebagai bahan baku komoditas gula.

Alat ECOB ini mampu menyeragamkan dosis dan menjatuhkan bahan organik blotong tepat pada pangkal alur tebu, sehingga memenuhi aspek tepat cara dan tepat dosis.

Serial kedua, melalui karya inovasi digital dashboard produksi sebagai Tools Enterprise Performance Monitoring dengan memanfaatkan teknologi 2.0 ke teknologi 4.0. secara bertahap. Inovasi ini menjadikan anak perusahaan PT PG Rajawali II raih penghargaan Gold.

Sistem ini dapat mengakses data kinerja secara real time, dengan terpasangnya sensor-sensor di mesin-mesin pabrik gula. Melalui sistem ini diharapkan juga dapat memperluas kemitraan dan menarik minat petani tebu bermitra dengan ID FOOD group.

Selain itu, inovasi pada serial ketiga berikutnya ID FOOD juga melahirkan karya superprogram UAV untuk penentuan masa panen garam yang menghantarkan anak perusahaan PT Garam meraih penghargaan platinum.

Di serial keempat ada di hilir sektor perdagangan, yang menghantarkan anak perusahaan PT Rajawali Nusindo juga meraih gold atas karya inovasi digitalisasi market survey.

“Keunggulan dari karya di hilir ini dengan optimalisasi pemetaan pasar, melalui implementasi sistem digital untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pemetaan pasar, yang dirumuskan melalui remodel process, implementasi sistem digital, dan pemberian edukasi tentang urgensi pemetaan pasar,” terangnya. (*)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Harus Baca
- Advertisement -spot_img
Artikel terkait
- Advertisement -spot_img