foto:ist
Kini semakin banyak usaha minuman es teh dari berbagai brand. Baik dijual dipinggir jalan, depan minimarket hingga area pom bensin.
Saya akan ulas dari sisi Opportunity (Peluang) dan Threat (Ancaman). Sisi Strengh (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan) dari pelaku bisnis akan berbeda-beda untuk setiap kita.
Bila sudah berpengalaman di bisnis ini sebelumnya maka itu akan jadi Strength namun bila belum pernah berbisnis sebelumnya maka itu jadi kelemahan.
Demikian juga bila usia masih muda maka itu bisa jadi kekuatan karena bisa tahan lama bekerja. Sedangkan kalau usia sudah lanjut harus terus berada di tempat yang banyak asap knalpot mungkin tidak tahan lama.
Berikut Opportunity (Peluang) & Threat (Ancaman) nya
Opportunity
-Pom Bensin ramai dan banyak yang datang
-Mereka yang datang itu sangat mungkin dalam keadaan haus
-Bila antrian panjang maka kesempatan menjual jadi lebih besar
Threat
-Banyak juga yang datang beli bensin dalam keadaan buru-buru sehingga tidak belanja.
-Bila lokasi konter jauh dari tempat orang isi bensin maka apa yang dijual bisa tidak terlihat
-Sebagian orang mungkin bawa air sendiri di mobil nya.
Jadi bila jualan di Pom Bensin pikirkan ini. Apakah saya bisa melakukan penjualan “jemput bola” dengan cara mengasong yaitu jualan es dengan mendekati pengendara mobil?
Bisakah memiliki konter dengan merek yang menonjol? Bisakah mendapatkan dukungan pemilik Pom Bensin sehingga hanya satu saja yang bisa jualan teh?
***
Catatan oleh Dr. Ir. Antonius Tanan, M.B.A.,M.Sc.,M.A :
-Pakar entrepreneurship Universitas Ciputra
-Independent Commissioner PT.Ciputra Development Tbk
-Pengasuh kelompok belajar Sekolah Kehidupan Entrepreneurship (SKE)
Bacalah tentang ciputra entrepreneurship selengkapnya di
www.entrepreneurpos.com